Sukses

Sinergi Industri Otomotif dan Pariwisata Dongkrak Perekonomian, Bagaimana Caranya?

Sandiga menuturkan, sebanyak 77% masyarakat saat ini keluar kota atau melakukan perjalanan domestik menggunakan mobil pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk beradaptasi dalam melakukan perjalanan keluar kota dengan menggunakan mobil pribadi. Perubahan tren masyarakat dalam melakukan perjalanan ini dinilai menjadi momentum positif bagi kebangkitan industri otomotif nasional.

Optimisme serupa juga ditunjukkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sandiga menuturkan, sebanyak 77% masyarakat saat ini keluar kota atau melakukan perjalanan domestik menggunakan mobil pribadi.

Hal itu menunjukkan perjalanan darat atau road trip menjadi tren pariwisata selama pandemi Covid-19. Tren ini, kata Mas Menteri, harus dimanfaatkan untuk menggenjot industri otomotif dan pariwisata.

"Ini potensi sangat besar. Kita ingin dari 77% itu bisa dikonversi menjadi kenaikan 20%-25% sebagai wisatawan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya," kata Sandiaga, Minggu (18/4/2021).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dongkrak Perekonomian

Sandiaga menilai, mendorong kemajuan industri otomotif dan pariwisata mampu mendongkrak perekonomian Indonesia. Kemajuan industri otomotif dan pariwisata diyakini akan turut membuat produk daerah lokal juga meningkat serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Sudah selayaknya industri otomotif dan pariwisata bersinergi," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.