Sukses

DPRD Surabaya Minta Pembangunan Rusun Dikaji Ulang, Ada Apa? 

Aning Rahmawati mengatakan, pihaknya meminta Pemkot Surabaya untuk memikirkan nasib sekitar 9.000 warga yang antre untuk bisa menempati rusun.

Liputan6.com, Surabaya - DPRD Kota Surabaya meminta pembangunan rumah susun (rusun) dievaluasi, menyusul banyaknya warga yang antre untuk bisa tinggal di rusun.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya Aning Rahmawati mengatakan, pihaknya meminta Pemkot Surabaya untuk memikirkan nasib sekitar 9.000 warga yang antre untuk bisa menempati rusun.

"Dengan antrean tersebut dan melihat biaya pembangunan rusun yang masih tinggi atau senilai Rp 8,5 juta/m2, tentunya harus dikaji lagi," katanya dikutip dari Antara, Selasa (30/3/2021).

Menurut dia, per 100 unit atau dalam 1 tower dibangun dengan biaya Rp 23 miliar atau Rp 210 juta per unit. Selama ini, lanjut dia, hanya 5 lantai dengan biaya maintenance Rp 15 miliar per tahun se-Kota Surabaya (103 tower).

Untuk itu, kata dia, komisi C mendorong Pemkot Surabaya untuk punya roadmap pengentasan warga yang antrean untuk tinggal di rusun itu. Aning mengatakan antrean itu bisa diatasi dengan menambah jumlah lantai disetiap unit, apakah itu jadi 10 lantai atau 20 lantai dengan menggunakan lift.

"Makanya, Komisi C mendorong dibuat kajian yang intensif," ujarnya.

Ia mencontohkan jika pembangunan rusun 5 lantai, maka perlu 90 tower (per tower 100 unit). Sedangkan pembangunan rusun 20 lantai, maka perlu 23 tower yang bisa diselasaikan dalam waktu 8 tahun asalkan setiap tahun bisa dibangun 3 rusun. 

"Jika dibangun 5 rusun pertahun maka selesai dalam waktu 4 tahun," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Alternatif

Adapun alternatif lain untuk menutupi dan mengembalikan bep lift dengan menetapkan biaya sewa yang proporsional. Ia menyebut sesuai ketetapan UU maksimal 3 persen (nilai kontruksi/jumlah unit yang ada), sedangkan pemkot masih belum ada 0. 5 persen.

Aning mengatakan Rusun Gunung Anyar yang sudah siap dipakai saat ini tinggal menunggu pipa air tersier dari PDAM Surabaya yang belum terkoneksi. Kapasitas Rusun Gunung Anyar mencapai 100 unit dan 62 sudah terisi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.