VIDEO: Jambu Kristal Desa Padang Bojonegoro, Setahun Panen 2 Kali

VIDEO: Jambu Kristal Desa Padang Bojonegoro, Setahun Panen 2 Kali

Musim panen saat musim hujan seperti sekarang ini, menjadi berkah bagi petani jambu kristal di bantaran Sungai Bengawan Solo, Kabupaten Bojonegoro. Jambu kristal khas Bojonegoro banyak disukai masyarakat, karena bijinya sedikit serta dagingnya manis dan renyah seperti buah apel. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, (25/3/2021).

Musim penghujan tahun ini, menjadi berkah tersendiri bagi para petani jambu kristal di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Tingginya curah hujan membuat pohon jambu kristal yang ditanam di bantaran Sungai Bengawan Solo ini berbuah lebat, karena pohonnya tumbuh subur.

Setiap hari pohon jambu kristal masak dan siap untuk dipetik. Rata-rata dari 105 pohon yang ditanam di lahan seluas 1.500 meter persegi, petani memanen 2 kuintal buah jambu kristal. Salah seorang petani jambu kristal Sutartik mengaku sudah 6 tahun ini menekuni tanaman jambu kristal. Tiap musim panen, dirinya mengaku untung karena dalam setahun buah jambu kristal bisa dipanen 2 kali.

"Mulai tanam 2014, luas lahan kurang lebih 1.500 meter persegi, yang ditanam satu bagian 70 pohon, saya punya dua bagian 150 pohon, sekali panen untuk masa panen ini 2,5 ton, harga jual kalau dikurskan itu Rp 10.000 x 2,5 ton, 25 juta, setahun 2 kali panen," kata Sutartik, Petani Jambu Kristal.

Jambu kristal yang ditanam petani di sini berbeda dengan daerah lain. Selain rasanya lebih manis, daging buahnya juga renyah, serta bijinya sedikit. Keberhasilan para petani jambu kristal di Desa Padang, Bojonegoro, membantu perekonomian warga setempat.

Pasalnya, warga yang sebelumnya mayoritas bertanam jagung, kini hampir seluruh warga memilih menjadi petani jambu kristal, karena dianggap lebih menguntungkan. Dalam sekali panen saja, bisa menghasilkan Rp 25 juta.

"Terkait pembinaan biasanya dilakukan oleh PPL tingkat kecamatan, disamping juga ada kelompok Dawis yang melakukan pembinaan itu termasuk dalam hal pemasaran, tapi kalau pemasaran, biasanya petani-petani sendiri yang melakukan, dipermudah dengan adanya media sosial, bahkan kita tidak pernah memasarkan sampai keluar kabupaten, tapi justru pengunjung datang sendiri," terang Subagyo, Kades Padang.

Di Kecamatan Trucuk, Bojonegoro, ada 24 hektar lahan kebun jambu kristal yang tersebar di tiga desa, yaitu Desa Padang, Desa Mori dan Desa Pagerwesi. Sementara untuk sentral jambu kristal ini berada di Desa Padang, dengan lahan tanaman jambu kristal sebanyak 17 hektar. Setiap tahunnya, warga di sini mampu panen sekitar 540 ton.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 March 2021, 09:12 WIB

Video Terkait

Spotlights