VIDEO: IRT Tawarkan Ginjal di Media Sosial Akibat Terbelit Utang

VIDEO: IRT Tawarkan Ginjal di Media Sosial Akibat Terbelit Utang

Terbelit hutang, seorang ibu rumah tangga di Lumajang, Jawa Timur, sempat viral menawarkan ginjalnya untuk dijual di media sosial. Namun niatnya tersebut kini terhenti karena mendapat perhatian dari keluarganya.

Fahriyatun Naini (37) yang sempat menjadi perbincangan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, karena berniat menjual ginjalnya untuk membayar hutang, mendapat banyak simpati warga. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menanyakan harga ginjalnya.

Bersama suaminya, Ahmad Dani (46), Naini tinggal di rumah sederhana di Jalan Mayor Kamari Sampurno No 25 Kelurahan Ditotrunan, Lumajang. Rumah berukuran 6x4 meter ini menjadi tempat berteduh keluarga dengan tiga orang anak tersebut.

Ibu rumah tangga ini menawarkan ginjalnya, lantaran terbelit hutang. Sedangkan usaha jasa cuci pakaian yang tekuninya sepi dan penghasilan suaminya yang sebagai Satpam tak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, (24/3/2021).

"Saya jual peralatannya londre, ditawar-tawarkan ndak ada, sedangkan saya butuh buat bayar utang, ndak banyak cuma Rp 2 juta, ndak ada pinjam-pinjam sama yang lain ndak ada, akhirnya kepikiran sampai itu, PKH yang katanya dapat Rp 600 ribu, sebulan, ndak dapat," ungkap Fahriyatun Naini, Warga Ditotrunan.

Keluarga Fahriyatun Naini tak menerima bantuan sosial dari pemerintah, mulai dari bantuan pangan non tunai, program keluarga harapan, maupun bantuan sosial lainnya. Sementara Lurah setempat, Sudarwi mengakui bahwa keluarga ini tak masuk dalam daftar penerima bantuan, karena dinilai kurang pro aktif di lingkungannya.

"Lepas, tidak pernah komunikasi dengan RT/RW, kan yang tahu RT/RW yang belum dapat, karena saya sudah laporan ke Pak Bupati, semuanya sudah terkirim ini kok ada yang belum dapat, ternyata dia akan menjual ginjalnya, kan saya sebagai lurah harus tahu masalahnya, ternyata ditemukan di RW 2 RT 6," terang Sudarwi, Lurah Ditotrunan.

Namun setelah musyawarah dengan warga, Naini akhirnya mengurungkan niatnya menjual ginjal karena akan dibantu keluarganya. Naini berharap adanya bantuan sosial dari pemerintah.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 March 2021, 12:59 WIB

Video Terkait

Spotlights