Sukses

Rp 6 Miliar untuk Subsidi Pupuk Petani di Situbondo

Pemerintah Kabupaten Situbondo mengalokasikan Rp 6 miliar untuk subsidi pupuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kabupaten Situbondo mengalokasikan Rp 6 miliar untuk subsidi pupuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021. Ini sebagai upaya membantu meringankan beban para petani setempat.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, pupuk bersubsidi bagi petani itu nantinya akan disalurkan melalui kelompok tani yang sudah terdata dalam elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK).

"Dengan anggaran untuk pupuk bersubsidi Rp6 miliar memang tidak banyak, namun kami meyakini dengan alokasi tidak terlalu besar karena menyesuaikan APBD kami, ini dapat membantu meringankan beban para petani," kata Karna, Kamis (18/3/2021) seperti dikutip dari Antara. 

Ia menjelaskan, para petani penerima pupuk bersubsidi yang sudah tergabung dalam anggota kelompok tani, dan mereka (petani) yang berhak menerima yang memiliki luasan lahan tidak lebih dari setengah hektare.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyaluran di 17 Kecamatan

Pupuk bersubsidi yang akan disalurkan kepada para petani yang tersebar di 136 desa/kelurahan di 17 kecamatan itu, merupakan potongan harga yang sudah ditentukan pemerintah daerah.

"Setelah APBD disetujui oleh Ibu Gubernu Khofifah, baru kami akan buat peraturan bupati tentang subsisdi pupuk. Kami minta jangan melihat kecilnya jumlah anggarannya untuk subsidi pupuk, ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada petani. APBD kita masih belum sehat," tuturnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.