VIDEO: 4 Penjarah Toko Emas di Banyuwangi Serahkan Diri ke Polisi

VIDEO: 4 Penjarah Toko Emas di Banyuwangi Serahkan Diri ke Polisi

Setelah aksinya viral, empat pelaku yang menjarah toko emas di Banyuwangi, Jawa Timur, akhirnya menyerahkan diri ke polisi pada Sabtu sore (13/3). Sebanyak 3 kilogram lebih perhiasan emas senilai Rp 2 miliar yang sempat dibawa lari juga turut diserahkan kepada polisi. Dalam aksi tersebut polisi menduga, penjarahan ini dilatar belakangi oleh urusan hutang piutang antara pemilik toko emas dengan pemasok perhiasan.

Setelah aksi penjarahan emas yang terekam kamera cctv, empat pelaku akhirnya menyerahkan diri ke aparat Polsek Genteng, Banyuwangi. Seberat 3 kilogram lebih perhiasan emas senilai Rp 2 miliar yang diambil paksa juga langsung diserahkan kepada polisi.

Polisi memastikan aksi penjarahan ini, bukanlah aksi perampokan melainkan murni persoalan hutang piutang, antara pemilik toko perhiasan MH dengan salah satu pelaku pemasok perhiasan berinisial FR.

Pelaku nekat mengambil paksa perhiasan emas, lantaran kesal korban berhutang hingga senilai Rp 4 miliar. Pelaku semakin kecewa, karena hasil mediasi, korban mengaku hanya sanggup membayar dengan cara mengangsur sebesar Rp 15 juta per bulan.

Meski kasus penjarahan emas ini sudah dilaporkan ke pihak Kepolisian. Namun polisi tetap mengedepankan proses mediasi, dan menyelesaikan kasus secara kekeluargaan. Demikian pemberitaannya pada Liputan6, (15/3/2021).

"Supaya tidak terjadi keributan antara ini, karena sebelumnya itu setiap masuk mau kelahi, maunya diselesaikan secara kekeluargaannya, karena ini jelas hutang piutang, kalaupun tidak selesai, kasusnya perdata," terang AKP Sudarmaji, Kapolsek Genteng.

Sebelumnya aksi penjarahan di toko emas menggegerkan warga Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jumat siang, karena terekam kamera cctv. Keempat pelaku nekat menggondol perhiasan emas seberat 3 kilogram 7 ons, senilai lebih dari Rp 2 miliar.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 March 2021, 21:21 WIB

Video Terkait

Spotlights