Sukses

Bronjong Penahan Banjir Segera Dipasang di Dringu Probolinggo

Khofifah mengajak agar Relawan Jogo Kali direvitalisasi kembali. Sebab bencana banjir berkaitan dengan sampah.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, Kementerian PUPR melalui BBWS Brantas  akan memasang bronjong di titik-titik rawan luapan Sungai Kedunggaleng di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, sebagai solusi sementara banjir Dringu. 

"Kementerian PUPR melalui BBWS Brantas sudah mengalokasikan anggaran. Dari pemkab juga, dan pemprov sudah tersambung. Dalam waktu dekat kalau memungkinkan, bronjong itu bisa segera. Minggu besok sudah dimulai bronjong," kata Khofifah, Kamis (11/3/2021) dikutip dari TimeIndonesia.

Khofifah menyatakan, setelah dipasang bronjong, tanggul atau plengsengan akan dibagun agar permanen. Untuk langkah ini, Khofifah menyebut pihaknya tengah menghitung detail engineering design (DED)-nya.

"Mungkin memerlukan waktu satu setengah bulan. Supaya titik-titik dengan kerawanan tertentu direcovery lebih dulu. Sambil kita cocokkan kembali di tahun anggaran 2022," ujarnya.

Khofifah mengajak agar Relawan Jogo Kali direvitalisasi kembali. Sebab bencana banjir berkaitan dengan sampah. 

"Ada intensitas hujan yang tinggi, ada sampah dengan jumlah besar bahkan mengkristal sehingga untuk mengurainya saja harus pakai chainsaw," kata Khofifah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Titik Tanggul

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Probolinggo, terdapat tujuh titik tanggul atau plengsengan Sungai Kedunggaleng yang ambrol. Lokasinya di Desa Dringu dan Desa Kedung Dalem.

Saat daerah hulu diguyur hujan lebat, debit air naik dan meluap. Menggenangi jalan dan rumah warga di Kecamatan Dringu. Tak hanya Desa Dringu dan Kedung Dalem, tapi juga Desa Kalirejo dan Tegalrejo.

Dari lokasi banjir Dringu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau Dam Mbok Siti di Kecamatan Tegalsiwalan. Gubernur juga dijadwalkan ke Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.