Sukses

Penyebab Korban Tenggelam di Sungai Bogel Blitar Tak Kunjung Ketemu

Ada delapan personel yang dilibatkan dalam pencarian korban yang bernama Habib Fauzi (27), warga Kedungbunder, Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Liputan6.com, Surabaya - Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan dari Basarnas, Polres Blitar, dan relawan belum berhasil menemukan seorang warga yang dilaporkan tenggelam di Sungai Bogel, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

"Pencarian tadi dilakukan, tapi karena arus sungai cukup deras, keberadaan korban masih belum terdeteksi," kata Kepala Basarnas Jatim Hari Adi Purnomo saat dikonfirmasi, Minggu, 7 Maret 2021.

Ia mengatakan anggota turun ke lokasi korban tenggelam dan anggota yang turun dari Basarnas terdekat, yakni Trenggalek.

Ada delapan personel yang dilibatkan dalam pencarian korban yang bernama Habib Fauzi (27), warga Kelurahan Kedungbunder, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Selain personel dari Basarnas, juga ada bantuan dari aparat setempat serta warga, dilansir dari Antara.

Hari mengakui curah hujan yang tidak tentu membuat arus air juga tidak tenang. Dalam pencarian terjadi hujan lalu reda, membuat arus sungai deras. Hal ini juga mengakibatkan petugas kesulitan mencari korban.

Menurut ia, anggota mencari di sekitar korban dilaporkan tenggelam. Selain itu, anggota juga menyisir ke sekitar sungai, dengan harapan korban segera ditemukan, namun dimungkinkan tubuh korban hanyut jauh, karena arus sungai yang deras.

Ia menambahkan dimungkinkan anggota juga tidak akan melakukan pencarian dengan menyelam. Selain air yang keruh, arus deras juga menjadi kendala dalam pencarian menggunakan teknik menyelam.

"Waktu pencarian sempat hujan yang membuat arus semakin deras. Kemungkinan korban terbawa arus cukup jauh. Airnya juga keruh, jadi kalau menyelam sepertinya tidak. Kan kalau menyelam bendanya tenggelam dan airnya tenang. Tapi yang di sini (Sungai Bogel) airnya mengalir, jadi selam tidak mungkin," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tenggelam Sejak Sabtu

Untuk proses pencarian, rencananya terus dilakukan. Sesuai dengan waktu pencarian, maksimal tujuh hari. Diharapkan, korban bisa segera ditemukan, sehingga bisa diketahui kondisinya.

"Pencarian dilanjutkan besok dan difokuskan ke sekitar lokasi tenggelamnya korban dan juga penyisiran di sekitar sungai," katanya.

Habib Fauzi dilaporkan tenggelam di Sungai Bogel, Kelurahan/Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Korban dilaporkan tenggelam sejak Sabtu (6/3).

Awalnya, korban bersama rekannya mencari ikan di tepi Sungai Bogel. Setelah dapat ikan, korban dengan rekan-rekannya hendak pulang dengan menyeberang sungai dari tepi timur ke sebelah barat dengan cara berenang.

Saat itu, kedua rekan korban sudah di tepi sungai bagian barat, namun korban masih di tengah. Tubuhnya seperti tertarik arus. Karena terlalu jauh, rekan korban tidak berani menolong. Namun, mereka sempat mencari cara dengan memutar jalan ke arah lokasi yang agak dangkal, namun tubuh korban sudah tidak terlihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.