VIDEO: SMK di Sidoarjo Ciptakan Mobil Listrik, Telan Biaya Rp 45 Jutaan

VIDEO: SMK di Sidoarjo Ciptakan Mobil Listrik, Telan Biaya Rp 45 Jutaan

Siswa SMK di Sidoarjo, Jawa Timur, menciptakan mobil listrik ramah lingkungan. Mobil yang menghabiskan biaya Rp 45 juta tersebut, mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam, dengan kekuatan baterai listrik mampu menempuh jarak 200 kilometer.

Inilah mobil listrik buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta di Sarirogo, Sidoarjo, Jawa Timur. Meski masih sederhana dengan memanfaatkan sumber tenaga dari lima buah aki berdaya 12 volt.

Untuk membuat mobil listrik, siswa SMK ini hanya membutuhkan waktu 3 minggu, dan menghabiskan dana Rp 45 juta. Keunggulan lain, mobil listrik ini sudah berteknologi power steering, bertransmisi otomatis dan ada tuas yang diletakkan di samping kemudi, untuk mengubah jalan mobil maju atau mundur.

Dengan menggandeng sebuah perusahaan anak bangsa di Solo, Jawa Tengah, rencananya mobil listrik ciptaan siswa SMK di Sidoarjo ini terus disempurnakan, seperti penambahan solar cell atau alat untuk menyerap energi panas matahari, sehingga bisa menambah simpanan daya aki saat mobil listrik digunakan. Berikut dilansir pada Fokus, (25/2/2021).

"Karena memang ini masih trial, uji coba, shock breaker di pasaran itu shock breaker untuk mobil-mobil dengan mesin yang berat, di sini ndak ada, sehingga kita harus cari shock breaker yang memang bener-bener bisa pas nantinya, kalau dijual Rp 50 juta, sudah untung Rp 5 juta, itu untuk anak-anak belajar berwira usaha," terang Kisyanto, Kepala Sekolah YPM 8 Sarirogo Sidoarjo.

Mobil listrik karya anak bangsa ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam, dan mampu menempuh jarak hingga 200 kilometer. Dengan kondisi baterai aki penuh setelah dicas selama 2 jam.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 February 2021, 08:39 WIB

Video Terkait

Spotlights