Sukses

7 Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur Terpopuler yang Wajib Dicicipi

Makanan khas Mojokerto Jawa Timur bisa kamu jadikan oleh-oleh dan wisata kuliner menarik.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Mojokerto mungkin yang paling dikenal adalah Onde-onde. Tidak heran, karena onde-onde bisa kamu temukan di mana saja di daerah Indonesia. Kudapan satu ini digemari banyak orang karena rasanya yang enak di lidah.

Namun, makanan khas Mojokerto tidak hanya onde-onde saja. Mojokerto juga terkenal dengan kuliner lainnya seperti sate hingga kerupuk. Beberapa nama kuliner terkenalnya, seperti sambal wader hingga kerupuk rambak mungkin sudah familier di telinga.

Makanan khas Mojokerto Jawa Timur bisa kamu jadikan oleh-oleh dan wisata kuliner menarik. Tentunya belum lengkap berkunjung ke suatu daerah tanpa menikmati kuliner asli yang enak. Selain enak, harga kuliner Mojokerto ini dijamin ramah di kantong kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/2/2021) tentang makanan khas Mojokerto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Mojokerto

Onde-Onde

Onde-onde merupakan makanan khas Mojokerto yang paling terkenal. Kudapan yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau atau kacang yang ditumbuk ini mungkin bisa kamu temukan di mana saja di daerah Indonesia.

Biasanya, onde-onde juga diberikan taburan wijen di permukaannya yang membuat rasanya semakin gurih dan lezat. Onde-onde yang masih hangat akan terasa sangat lumer di mulut dam bikin kamu ketagihan. Makanan khas Mojokerto ini sering kali dibawa sebagai oleh-oleh saat kamu berkunjung ke kota yang tidak jauh dari Surabaya ini.

Botok Tempe

Makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah makanan berat yang tak kalah nikmat, yaitu botok tempe. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional Mojokerto yang terbuat dari ampas kelapa yang diambil sarinya dan juga tempe.

Ampas kelapa dan tempe dipadukan dengan bumbu spesial dan dicampur bersama tahu, teri, serta udang. Botok tempe biasanya disajikan bersama nasi jagung yang menambah cita rasa unik serta lezat dari masakan ini.

Salah satu botok tempe yang paling terkenal di Mojokerto yakni Botok Mbah Parti yang biasa buka dari pukul 6 sore hingga pukul 11 malam. Satu porsi botok tempe dijual dengan harga yang cukup murah, yakni Rp 5 ribu per porsinya.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Mojokerto

Sate Bangil

Sate bangil merupakan salah satu makanan khas Mojokerto yang juga banyak diminati. Sate bangil sebenarnya adalah sate dari daging kambing seperti halnya yang biasa kamu temui di daerah lain. Namun uniknya, di sate bangil ini kamu bisa memilih isi sate kambing setiap porsinya sesuai dengan selera. Misalkan saja tanpa jeroan, atau tanpa lemak, dan lain sebagainya.

Sate bangil biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, sambal kecap beserta lalapan. Salah satu sate bangil yang paling terkenal di Mojokerto yakni sate bagil Bang Soleh. Di tempat ini biasa buka mulai dari jam 9 hingga jam 10 malam. Tak hanya menyediakan sate bangil saja, namun kedai Bang Soleh juga menyajikan berbagai menu olahan daging kambing lainnya seperti gulai kambing, sop kambing, kambing gulai, hingga nasi kebuli.

Sambel Wader

Makanan khas Mojokerto selanjutnya merupakan sambal, yaitu sambel wader. Sambal khas Mojokerto tidak boleh kamu lewatkan saaat berkunjung, terutama bagi pencinta makanan pedas. Bahan utama pembuatannya adalah ikan wader yang banyak dibudidayakan masyarakat lokal.

Pembuatannya tidak begitu sulit, ikan wader yang telah dicuci bersih dicampur dengan bahan-bahan sambal, lalu digoreng sampai matang. Menikmati sambal wader dengan sepiring nasi dan lauk bikin kamu ingin nambah terus.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Mojokerto

Kerupuk Rambak Mojokerto

Makanan khas Mojokerto selanjutnya berupa kerupuk, yaitu Kerupuk Rambak. Kerupuk ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ataupun dimakan di jalan. Bahan baku pembuatannya adalah dari kulit sapi yang telah mengalami proses pengeringan terlebih dahulu.

Namun, sekarang ini kerupuk rambak juga dibuat dari berbagai bahan lainnya, seperti udang, ikan, hingga ketela pohon.

Kerupuk Memble

Masih seputar kerupuk, makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah Kerupuk Memble. Kerupuk ini sangat unik, karena pembuatannya juga cukup rumit. Kerupuk memble bertekstur renyah dan berbentuk lonjong panjang.

Pada tahap penggorengan, kerupuk ini menggunakan dua wajan sekaligus. Satu wajan berisi minyak dengan suhu yang sangat panas, sedangkan wajan yang lainnya harus dijaga suhunya supaya tidak terlalu panas. Jadi, banyak orang yang mengalami kegagalan saat menggoreng sendiri di rumah karena tidak mengetahui teknik tersebut.

Bubur Srunthul

Makanan khas Mojokerto yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah bubur srunthul Bu Saudah. Bubur Srunthul ini terbuat dari tepung sagu yang diolah berbentuk bulat-bulat dan dinamakan sebagai Srunthul. Tekstur dari bubur ini yakni manis, legit, dan kenyal.

Di Mojokerto, bubur Srunthul Bu Saudah merupakan salah satu makanan ringan yang paling terkenal kenikmatannya. Sehingga sangat sayang untuk dilewatkan jika kamu berkunjung ke Mojokerto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini