VIDEO: Area Persawahan di Penanggungan Longsor Akibat Guyuran Hujan Deras

Oleh Yusron Fahmi pada 24 Feb 2021, 16:57 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 16:57 WIB

Liputan6.com, Jakarta Guyuran hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan area persawahan di lereng Gunung Penanggungan, Kabupaten Mojokerto, longsor meski tak sampai menimbulkan korban, namun material longsor menimbun kandang ternak warga dan merusak hektaran lahan pertanian di bawahnya.

Area persawahan yang longsor ini berada di Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Area persawahan yang ditanami padi ini longsor selebar lebih dari 25 meter. Beruntung peristiwa ini tak sampai menimbulkan korban jiwa.

Menurut warga, longsor terjadi akibat intensitas hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari terakhir. Karena tergerus air hujan, tanah persawahan menjadi labil hingga akhirnya longsor. Meski tak sampai menimbulkan korban jiwa, material longsor berupa tanah dan batu menimbun sebuah kandang ternak, dan belasan hektar lahan pertanian di bawahnya, hingga menyebabkan kerugian besar bagi petani.

“Lebarnya 35 meter, panjangnya sekitar 100 meter, ndak ada korban, ada kandang, kandangnya sempat tertimbun, cuman sapinya bisa tertolong, kalau ada hujan susulan yang deras bisa longsor lagi,” kata Darman, Warga Desa Penanggungan.

Mengantisipasi terjadinya longsor susulan, untuk sementara waktu warga dilarang beraktivitas dan mendekati lokasi longsor, karena tanah di sekitarnya diketahui retak dan rawan longsor. Demikian diberitakan pada Liputan6, (23/2/2021).