VIDEO: PT KAI Daop 8 Batalkan 7 Perjalanan Kereta ke Jakarta karena Banjir

Oleh Yusron Fahmi pada 24 Feb 2021, 13:22 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 13:22 WIB

Liputan6.com, Jakarta Dampak banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta, PT Kereta Api Daerah Operasional atau Daop 8 Surabaya, Senin (22/2) pagi membatalkan 7 jadwal keberangkatan kereta api dari Surabaya ke Jakarta. Akibatnya penumpang yang siap berangkat mengembalikan tiket dan memilih moda transportasi lain.

PT. KAI Daop 8 Surabaya, Senin pagi membatalkan 7 jadwal perjalanan kereta api tujuan Jakarta, karena banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Jakarta yang belum surut dan merendam rel kereta api.

Kereta api yang dibatalkan di antaranya, Kereta Api Jayabaya, Jayakarta, Agro Bromo Anggrek malam dan pagi, Gajayana, Bima, serta Kereta Api Dharmawangsa. Akibat pembatalan perjalanan kereta api dari Surabaya tujuan akhir ke Jakarta ini, banyak calon penumpang yang batal berangkat dan mengembalikan tiket.

Calon penumpang terpaksa beralih ke transportasi lain, seperti bis dan pesawat terbang. Menurut Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 8, Surabaya, PT KAI saat ini berupaya memperbaiki jalur di petak jalan Stasiun Kedunggedeh hingga Lemahabang yang mengalami pergeseran akibat banjir. Berikut diberitakan pada Liputan6, (23/2/2021).

“Hari ini tanggal 22 Februari PT KAI Daop 8 Surabaya, membatalkan tujuh kereta api jarak jauh tujuan Jakarta, dikarenakan jalur kereta api di wilayah Daop 1 tergenang banjir, untuk itu kami mohon maaf kepada pelanggan kereta api atas ketidak nyamanan tersebut, penumpang yang telah memiliki tiket untuk keberangkatan hari ini, kami persilakan untuk melakukan pembatalan tiket sampai dengan 30 hari ke depan, tiket akan kami kembalikan penuh 100 persen dan cash,” kata Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

PT KAI Daop 8 Surabaya, memberi waktu 30 hari kepada calon penumpang yang mengembalikan tiket, dan akan dikembalikan 100 persen. Perjalanan kereta api dari Surabaya tujuan Jakarta masih melihat kondisi banjir di Jakarta dan jalur kereta api. Jika banjir masih terjadi, tidak menutup kemungkinan keberangkatan kereta akan kembali ditunda.