Sukses

Dinsos Tulungagung: Tak Ada Kompensasi untuk Pasien Covid-19

Dinas Sosial Kabupaten Tulungagun angkat bicara soal adanya dana kompensasi bagi pasien COVID-19, termasuk yang meninggal.

 

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Sosial Kabupaten Tulungagun angkat bicara soal adanya  dana kompensasi bagi pasien COVID-19, termasuk yang meninggal.

"Jangankan untuk pasien sembuh, untuk pasien yang meninggal akibat COVID-19, tidak ada kompensasi bagi ahli warisnya," tegas Kepala Dinas Sosial Tulungagung Suyanto di Tulungagung, dikutip dari Antara, Selasa (23/2/2021).

Diakuinya isu adanya kompensasi bagi pasien COVID-19 membuat banyak warga yang mencoba mengajukan klaim santunan ke dinas sosial.

Namun, ekspektasi mereka segera pupus setelah petugas dinsos menjelaskan bahwa kabar kompensasi tidak benar, dan dinsos tidak memiliki pos anggaran bantuan untuk pasien yang pernah terpapar lalu sembuh, ataupun yang meninggal karena COVID-19.

"Jumlahnya saya lupa. Akan tetapi, banyak yang mengajukan klaim santunan korban yang meninggal dunia," kata Suyanto.

Ia menegaskan bahwa tidak ada alokasi dana untuk santunan pasien meninggal dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Alokasi Dana Santunan

Suyanto mengakui bahwa sebelumnya memang ada permintaan dari Kemensos untuk mendata ahli waris penderita COVID-19 yang meninggal untuk diajukan mendapat bantuan dari pemerintah.

Dinsos Tulungagung juga sempat mengajukan sejumlah nama ahli waris. Namun, setelah mengajukan sejumlah nama, justru keluar surat dari Kemensos Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021, yang menegaskan bahwa tidak ada alokasi dana untuk ahli waris.

"Kemensos sekarang juga sudah menegaskan, tidak ada alokasi anggaran. Jadi, sudah jelas, tidak ada kompensasi untuk ahli waris (korban COVID-19)," kata Suyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.