VIDEO: Banjir Lahar Dingin Semeru Menerjang, Tim BPBD Disiagakan

Oleh Yusron Fahmi pada 22 Feb 2021, 06:31 WIB
Diperbarui 22 Feb 2021, 06:31 WIB

Liputan6.com, Jakarta Gunung Semeru kembali meluapkan lahar dingin dan menerjang sungai, serta area dekat pemukiman warga di kawasan Lumajang, Jawa Timur. Sejumlah warga bersama dengan penambang pasir yang tengah terjebak di tengah arus lahar berupaya mengevakuasi truk agar dapat menepi, beruntung tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam kejadian ini.

Menurut warga setempat, lahar dingin semeru kembali meluap deras semenjak Jum'at sore (19/02). Perkiraan getaran gunung mencapai 40 mm, sehingga sangat memungkinkan berdampak ke pemukiman warga. Tim Reaksi Cepat dari BPBD masih disiagakan guna memantau perkembangan situasi dan kondisi bencana. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, (20/2/2021).

Para warga dan penambang pasir mengevakuasi truk yang ambles di aliran Sungai Leprak, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Semua muatan pasir pun harus diturunkan, agar truk bisa menepi.

Banjir lahar dingin kali ini berarus cukup deras. Sebuah bangunan yang menjadi kantor pemilik tambang ini bahkan nyaris tersapu dahsyatnya aliran lahar dingin. Puluhan warga Dusun Bondeli Selatan yang berada di seberang sungai pun terisolasi, lantaran akses menuju rumah mereka tertutup material banjir lahar.

“Kalau banjirnya, sebenarnya ndak ada dampak, cuman kalau banjirnya, sore hari ini memang besar sekali, karena getaran di atas itu 40 mm sudah nyampai di sini,” kata Marzuki, Kepala Dusun Bondeli Selatan.  

Belum ada laporan dampak maupun korban jiwa. Tim Reaksi Cepat dari BPBD masih disiagakan untuk terus memantau potensi banjir lahar dingin Gunung Semeru.