VIDEO: Mengenal Bagaimana Budi Daya Tanaman Bonsai

Oleh Yusron Fahmi pada 17 Feb 2021, 12:20 WIB
Diperbarui 19 Feb 2021, 10:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Budi daya tanaman hias semakin banyak digandrungi selama masa pandemi. Salah satunya adalah tanaman bonsai, karena cukup mudah dibudidayakan di lahan sempit sekalipun. Dengan hanya menggunakan wadah pot, seorang penghobi tanaman hias di Jember, Jawa Timur, bisa menyulap berbagai jenis tanaman menjadi bonsai yang indah dengan harga fantastis mencapai puluhan juta rupiah. Berikut kita simak pemberitaannya pada Liputan6, (15/2/2021).

Inilah deretan tanaman bonsai yang dibudidayakan Supandi di samping rumahnya di Desa Arjasa, Jember. Ratusan tanaman bonsai dengan tinggi tak lebih dari 50 centimeter, tumbuh indah dan sejuk dipandang mata. Jenis tanamannya pun beragam, mulai dari beringin, santigi, cimeng, hingga asoka yang menghasilkan bunga berwarna kuning dan merah.

Salah satu perbedaan mencolok tanaman bonsai dengan tanaman hias lainnya adalah ukuran pohon yang kerdil, dengan bentuk akar khas serta cabang yang berkelok-kelok. Semakin unik wujudnya, akan semakin mahal pula harganya. Teknik bonsai sebenarnya bisa diterapkan pada seluruh jenis tanaman.

Namun bonsai terbaik, umumnya dipilih dari tanaman yang berdaun kecil serta berumur panjang. Inti dari teknik bonsai sendiri adalah mengkerdilkan ukuran tanaman, lalu membentuknya sesuai keinginan.

Langkah awal, yakni pindahkan tanaman ke wadah pot, lalu buang bagian cabang yang tidak penting. Selanjutnya seluruh daun dipangkas untuk memudahkan proses pembentukan cabang, dengan bantuan kawat logam.

Biasanya dilakukan sebanyak 4 kali selama rentang waktu setahun, atau sampai mendapatkan bentuk tanaman bonsai yang diinginkan. Untuk perawatannya juga sangat mudah, selain penyiraman, media tanah juga harus diganti secara berkala untuk menjaga kesuburan tanaman.  

“Jadi begini, dari congkelan kita potong sesuai dengan kehendak kita, sesuai dengan besaran bonsai, taruh di pot, kemudian kita tunggu trubusnya, setelah trubus, kalau siap ranting, kita ranting, besarnya kawat, sesuai dengan ranting yang tumbuh itu,” tutur Supandi, Pembudidaya Bonsai.

Harga tanaman bonsai bervariasi tergantung keunikan bentuknya. Harga termurah biasanya dibanderol ratusan ribu rupiah, sedangkan untuk bonsai siap kontes harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah per pohon.