Selalu Waspada, Jatim Potensi Hujan Disertai Petir hingga Besok

Oleh Dian Kurniawan pada 15 Feb 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 15 Feb 2021, 19:15 WIB
Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan
Perbesar
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Surabaya - Kasi Data Dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengungkapkan, hujan disertai petir diperkirakan akan turun di Jawa Timur (Jatim), pada Sabtu 14 Februari hingga Selasa 16 Februari 2021.

"Pada hari ini, suhu udara mencapai 15 hingga 32 derajat Celcius. Kelembaban udara antara 65 hingga 100 persen. Angin dominan dari Barat sampai Barat Daya dengan kecepatan 05 hingga 30 km perjam," ujarnya, Senin (15/2/2021).

Teguh mengatakan, yang patut diwaspadai saat hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hingga malam di sejumlah kabupaten di Jatim, di pagi hari, meliputi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso.

Selanjutnya pada siang hingga sore, lanjut Teguh, yaitu di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun.

 

2 dari 3 halaman

Musim Penghujan

Kota Madiun, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Sumenep.

“Karena saat ini di bulan Februari masih masuk di musim penghujan. Adapun potensi banjir masuk kategori level waspada," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓