VIDEO: RS Dr Soetomo Terima Bantuan Robot Multiguna dari LIPI

Oleh Yusron Fahmi pada 14 Feb 2021, 22:55 WIB
Diperbarui 14 Feb 2021, 22:55 WIB

Liputan6.com, Jakarta Upaya penanganan pasien Covid-19 di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, diharapkan lebih maksimal dengan adanya robot otonom multiguna, bantuan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Robot ini memiliki tiga fungsi, yaitu memancarkan sinar ultraviolet, menyemprotkan disinfektan, dan mengantar makanan. Berikut dilansir pada Liputan6, (11/2/2021).

Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo, Surabaya, menerima bantuan robot dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Robot yang diberi nama Robot Otonom Intiguna, terdiri dari satu robot penggerak, lengkap dengan sensor dan kendali jarak jauh.

Robot penggerak ini, bisa dipasangi tiga alat berbeda yang berfungsi memancarkan sinar ultra violet, menyemprotkan cairan disinfektan, dan mengantarkan makanan. Cara kerja robot ini bisa dikendalikan dari jarak dengan menggunakan aplikasi dari telepon pintar.

“Jadi robot ini bisa menghantarkan yang pertama, cairan disinfektan, kemudian mengantarkan makanan, atau obat,  yang ketiga, adalah membersihkan ruangan dengan sinar UV, alat ini bisa dikendalikan melalui handphone android dari jarak jauh, jadi bisa diatur waktunya, kecepatannya dan mode-mode penggunaannya melalui handphone,” terang Agus Haryono, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI.

Pihak Rumah Sakit Dr Soetomo mengaku terbantu dengan adanya bantuan robot ini. Dengan adanya robot otonom multiguna, penanganan pasien Covid-19 di Sumah Sakit Dr Soetomo dapat lebih efektif.

“Alat robot yang multiguna, selain untuk mensterilisasi juga untuk bisa men-transpor peralatan-peralatan atau makanan kepada pasien, sekaligus juga berguna untuk memudahkan proses transportasi obat-obat dan sebagainya,” ungkap Hendrian Dwikoloso, Direktur Penunjang Medik RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Selain Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya, LIPI juga memberikan bantuan robot sejenis kedua, pada rumah sakit lainnya.