VIDEO: Mudahnya Budi Daya Tanaman Buah Naga Mini

Oleh Yusron Fahmi pada 12 Feb 2021, 09:40 WIB
Diperbarui 12 Feb 2021, 09:40 WIB

Liputan6.com, Jakarta Jika buah naga umumnya seukuran mangkuk bakso. Namun buah naga yang dibudidayakan penghobi tanaman hias di Jember, Jawa Timur, cukup unik, karena ukurannya tidak lebih besar dari bola pingpong atau disebut mini. Berikut dilansir pada Liputan6, (10/2/2021).

Inilah kebun tanaman kaktus yang dibudidayakan Dewi Purnama, warga Jalan Argopuro, Kecamatan Arjasa, Jember. Puluhan jenis kaktus terlihat tumbuh subur dengan warna-warni yang indah. Namun ada satu yang paling istimewa, yakni tanaman buah naga mini yang sama-sama berasal dari keluarga kaktus.

Seperti namanya, tanaman buah naga ini atau Epiphyllum Guatemalense Monstrose ukurannya mungil, sehingga bisa ditanam di dalam wadah pot kecil. Jika buah naga pada umumnya seukuran mangkuk bakso, namun buah naga mini besarnya tak lebih dari ukuran bola pingpong.

Meski ukurannya jauh lebih kecil, tapi rasa buah naga ini tak jauh beda dengan buah naga pada umumnya, yakni manis asam. Cara membudidayakan buah naga mini tergolong mudah, biji buah yang telah dikeringkan dapat ditanam langsung pada media tanah yang telah dicampur pupuk. Sama halnya dengan kaktus, buah naga mini cukup disiram seminggu sekali dan bisa berbuah setelah berusia 3 hingga 4 tahun.

“Segini itu umur sekitar 10 bulan, untuk menunggu dia berbuah, bisa sampai umur 3 atau 4 tahun baru dia nanti berbuah, perawatannya sama dengan kaktus, penyiraman seminggu sekali,” jelas Dewi Purnama, Pembudidaya Buah Naga Mini.

Menjelang hari raya Imlek, tanaman yang buahnya dipercaya bisa membawa peruntungan ini, banyak dipesan warga dari berbagai kota. Untuk tanaman bibit dengan umur sekitar 4 bulan, harganya dibanderol antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.