Sukses

BPBD Banyuwangi Pastikan Jalur Evakuasi Erupsi Gunung Raung Siap

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi memastikan jalur evakuasi untuk warga terdampak erupsi Gunung Raung siap dipergunakan untuk penanganan darurat.

Liputan6.com, Surabaya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi memastikan jalur evakuasi untuk warga terdampak erupsi Gunung Raung siap dipergunakan untuk penanganan darurat.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi Kadir mengatakan pihaknya telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi Gunung Raung dari pemukiman penduduk serta pengecekan ulang jalur evakuasi bagi warga.

"Ini bagian dari langkah kontijensi. Kami terus mempersiapkan hal-hal untuk kemungkinan terburuk. Koordinasi lintas elemen juga terus dilakukan," kata Kadir, dikutip dari TimesIndonesia, Selasa (9/2/2021). 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram menambahkan, pihaknya bersama tim telah mengidentifikasi wilayah - wilayah mana yang jika ada eskalasi peningkatan Gunung Raung harus melakukan pengungsian.

"Saat ini status Gunung Raung masih waspada dan dapat berubah setiap saat, kami telah mengedintifikasi wilayah-wilayah berpenduduk yang jika terjadi penanganan darurat dan harus dilakukan evakuasi," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasang Rambu

BPBD juga telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi, di antaranya berada di kecamatan Kalibaru, Glemore, Sempu, dan kecamatan Songgon.

"Semua kami cek untuk memastikan jalurnya," kata dia.

Eka juga mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada. Masyarakat tetap wajib menjaga jarak aman aktivitas dari gunung Raung.

"BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar menyiapkan pelayanan kesehatan mengingat dampak abu vulkanik erupsi Gunung Raung pada kesehatan," tandas Eka Muharram

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.