VIDEO: Gunung Raung Semburkan Abu Vulkanik, Masyarakat Diminta Siaga dan Waspada

Oleh Yusron Fahmi pada 10 Feb 2021, 08:55 WIB
Diperbarui 10 Feb 2021, 08:55 WIB

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas erupsi Gunung Raung yang fluktuatif kembali menunjukkan peningkatan. Semburan abu vulkanik Gunung Raung yang sempat menipis, Minggu pagi (07/2) kembali menyembur kuat dengan ketinggian maksimal 1000 meter. Masyarakat diminta mewaspadai akan semburan abu vulkanik yang membahayakan pernapasan ini.

Sempat mengalami penurunan, aktivitas erupsi Gunung api Raung kembali menunjukkan peningkatannya Minggu pagi. Berdasarkan pantauan Pos Pengamatan Gunungapi Raung di Kecamatan Songgon, sejak Sabtu malam, semburan abu vulkanik menguat, bahkan mencapai ketinggian maksimal 1000 meter dari puncak kawah.

Semburan abu yang terbawa angin ini, dominan menuju ke arah tenggara dan timur, atau ke wilayah perkotaan Banyuwangi. Selain semburan vulkanik, aktivitas gempa tremor juga terus menerus terjadi, dibarengi pantulan cahaya api pada malam hari, dan juga suara gemuruh.

Pemda Banyuwangi meminta masyarakat, terutama yang berada di lereng Gunung Raung tetap tenang namun waspada. Efek negatif semburan abu vulkanik yang mengarah ke permukiman warga harus dihindari, minimal dengan memakai masker. Berikut diberitakan pada Liputan6, (8/2/2021).

“Dampak dari meterial di dalem dengan awan, sehingga warna yang terlihat itu bukan material yang keluar seperti di Gunung Merapi, dari sini Insya Allah, ini tidak ada yang mengkhawatirkan, tapi kita tetep harus siaga, tapi dari penjelasan ilmu biologi dari pos pantau, hanya gemuruhnya yang kadang membuat kita agak khawatir, tapi dari sisi material, dari jarak juga tidak ada yang membahayakan sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” terang Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi.

“Tujuh dusun, meliputi Dusun Pasar, Krajan, Sumberasih, Mangaran, Bejong, Lider dan Kampung Anyar, Sumberasih ada sekitar 6 ribu sekian warga kami yang sudah kita data, termasuk hewan jumlahnya, bayi dan seterusnya, sudah kita melakukan pendataan, jika sewaktu-waktu masyarakat kami diminta untuk melakukan pengungsian, Insya Allah kami semuanya siap dengan pihak-pihak terkait, dusun yang paling dekat adalah kampung Dani yang masuk kawasan Dusun Bejong, hanya 8 kilometer, hanya terdiri dari 11 kepala keluarga,” jelas Ali Nurfatoni, Kepala Desa Sumber Arum.

Gunung api Raung mulai erupsi pada awal Januari lalu, hingga kini, gunung api yang berada di wilayah perbatasan Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember itu masih berada pada level II waspada.

Sejauh ini efek erupsi Gunung Raung masih sebatas pada semburan abu vulkanik. PVMBG memastikan bahwa, lontaran material pijar yang keluar dari perut gunung masih dalam radius aman, yakni pada kawasan kawah Gunung Raung.