Sukses

PPKM Mikro di RT RW Sidoarjo, Seperti Apa?

Satu Rukun Warga (RW) di Perumahan Bluru Kidul Regency Desa Bluru Kidul Sidoarjo sebagai lokasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Surabaya- Satu Rukun Warga (RW) di Perumahan Bluru Kidul Regency Desa Bluru Kidul Sidoarjo sebagai lokasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bukan tanpa alasan Penjabat Bupati Sidoarjo Hudiyono memilih Perumahan Bluru Kidul Regency sebagai lokasi PPKM skala mikro.

“Wilayah itu sebagai lokasi PPKM skala mikro karena banyaknya kasus tambahan Covid-19,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (6/2/2021).

Pemkab Sidoarjo sudah menyisir RT dan RW yang menyumbang kasus Covid-19. Ada 15 kasus baru pada 30 Januari lalu.

PPKM mikro di salah satu RW ini akan diberlakukan supaya kasus Covid-19 tidak menyebar.

"Total ada 17 kasus tambahan dalam kurun waktu 2021. Bahkan yang meninggal sudah ada empat orang, tiga orang di antaranya meninggal tahun ini," tutur Hudiyono.

PPKM mikro di RW ini akan dilakukan mulai 9 Februari. Secara teknis akan diberlakukan jalan akses lingkungan one gate system (satu pintu), tamu yang berkunjung diminta menunjukkan surat sehat, penjaga dilengkapi pengukur suhu tubuh dan penerapan protokol kesehatan ketat.

Warga yang bekerja masih diizinkan beraktivitas dan yang tinggal di wilayah itu akan mengikuti rapid tes antigen.

"Lamanya penerapan PPKM mikro bisa tiga hari sampai tujuh hari. Penghuni pada RW yang diterapkan PPKM mikro akan dilakukan uji usap tujuannya untuk tracing," ucapnya.

Pemkab Sidoarjo akan memberikan bantuan bahan pokok kepada warga yang tinggal di lingkungan yang diterapkan PPKM mikro.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.