VIDEO: Mie Hijau dari Daun Beluntas dan Kelor

Oleh Yusron Fahmi pada 05 Feb 2021, 21:59 WIB
Diperbarui 05 Feb 2021, 21:59 WIB

Liputan6.com, Jakarta Inilah kedai mie yang baru saja dibuka 3 minggu lalu, oleh Ririn Wulandari seorang ibu rumah tangga di kawasan Desa Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur, yang tampak ramai oleh pembeli. Sekilas tak ada perbedaan dengan kedai mie ayam lainnya, namun bila diperhatikan dalam penyajiannya mie bukan berwarna kuning, namun berwarna hijau, karena terbuat dari daun beluntas, dan sayur daun kelor. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, (4/2/2021).

Kedua tanaman tersebut dipercaya sebagai anti oksidan, obat diabet, serta anti kanker. Untuk membuat mie sehat ini, sama dengan membuat mie biasanya. Pertama disiapkan tepung tapioka, telur ayam, garam, dan gula.

Yang berbeda yakni, mie dicampur sari daun beluntas. Dalam penyajiannya, mie luntas kemudian direbus hingga matang. Selanjutnya diberi pelengkap, seperti cacahan daging ayam, dan diberi sayur daun kelor. Selain nikmat juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pemilik kedai, sengaja membuat mie ayam luntas daun kelor, untuk memanfaatkan tanaman beluntas dan kelor yang bermanfaat untuk kesehatan dan banyak tumbuh di sekitar rumahnya.

“Ini baru 3 minggu, produk baru, karena saya pingin punya makanan yang sehat, saya pingin berbagi kesehatan bersama anak-anak muda sekarang, yang makanannya juga macem-macem banget, dan luntas sendiri itu manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan, meningkatkan imun tubuh, karena saat ini pandemi, kita harus bener-bener bisa menjaga kesehatan kita supaya tetep fit,” tutur Ririn Wulandari, Pembuat Mie Ayam Luntas Daun Kelor.

Satu porsi mie sehat yang terbuat dari daun luntas dan daun kelor ini dijual, Rp 8.000 hingga Rp 10.000. Dalam sehari pengelola kedai mengaku dapat menghabiskan hingga 70 porsi mie ayam luntas daun kelor.

Live Streaming

Powered by