VIDEO: Gunung Raung Keluarkan Suara Gemuruh, Warga Diminta Waspada

Oleh Yusron Fahmi pada 04 Feb 2021, 12:05 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 12:05 WIB

Liputan6.com, Jakarta Meski asap abu vulkanik cenderung menipis, namun suara gemuruh dari aktivitas Gunung Raung terus terdengar warga di kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, yang berjarak 8 kilometer. Warga diminta tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan, jika sewaktu-waktu erupsi Gunung Raung terjadi dalam skala besar. Untuk saat ini status dari Gunung Raung berada di level II. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, (3/2/2021).

Meski asap abu vulkanik yang menyembur dari kawah, cenderung menipis, namun suara gemuruh dari aktivitas Gunung Raung masih sering terdengar warga di sekitar lereng pegunungan. Seperti di perkampungan Dani, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

Suara gemuruh dari aktivitas Gunung Raung kerap kali terdengar pada siang maupun malam. Letak perkampungan yang hanya 8 kilometer dari Gunung Raung, membuat warga dengan jelas mendengar aktivitas gunung.

Menanggapi hal ini Forpimka Kecamatan Songgon mengimbau warga tidak panik, namun tetap waspada, jika sewaktu-waktu aktivitas Gunung Raung meningkat. Warga juga diminta mengenakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan mengantisipasi jika abu vulkanik mengarah ke permukiman mereka.

Warga juga diminta tidak mudah percaya informasi tidak benar, terkait aktivitas Gunung Raung. Seperti pernah terjadi saat erupsi tahun 2015, karena terlalu panik, warga menjual ternaknya dengan harga murah, lantaran termakan isu tidak benar erupsi Gunung Raung.

“Ini sekarang sedang mengunjungi Kampung Dani, yang masuk kawasan kampung paling dekat dengan  Gunung Raung yang jaraknya hanya 8 kilometer, kita datang ke wilayah sini hanya dihuni oleh 11 KK, sampai hari ini masih terdengar suara gemuruh, jadi kami berharap, meski ada suara gemuruh dari Gunung Raung, tetap meningkatkan kewaspadaan, namun demikian kami meminta masyarakat agar tidak panik,” terang Ali Nurfatoni, Kepala Desa Sumberarum, Songgon.

Gunung Api Raung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut, terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember ini, mulai erupsi sejak (21/1) lalu. Meski kerap kali mengeluarkan abu vulkanik, hingga cahaya api. Erupsi Gunung Raung kali ini masih dalam skala kecil. Hingga Selasa siang, status Gunung Raung masih berada di waspada level II.