VIDEO: Hujan Deras Picu Banjir Bandang dan Longsor di Lereng Gunung Ijen

Oleh Yusron Fahmi pada 04 Feb 2021, 07:55 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 07:55 WIB

Liputan6.com, Jakarta Nampak terlihat dalam video amatir, detik-detik banjir bandang lereng Gunung Ijen di aliran Sungai Blawan, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, pada Senin sore (01/2). Aliran sungai yang mengalir deras membawa material, berupa lumpur serta potongan kayu, dan meluap hingga ke badan jalan. Kemudian warga yang panik langsung menyelamatkan hewan-hewan ternak milknya, menuju lokasi yang aman. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, (3/2/2021).

Inilah video amatir, detik-detik banjir bandang di aliran Sungai Blawan, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Senin petang. Warga bersiaga di pinggir sungai, sebab aliran sungai mengalir deras, sambil membawa material lumpur serta potongan kayu, dan meluap hingga ke badan jalan.

Meski tidak sampai menerjang ke pemukiman penduduk, namun banjir menghantam kandang ternak di sisi aliran sungai. Warga yang panik berupaya menyelamatkan ternak dari dalam kandang.

Banjir bandang terjadi, karena hujan deras dari hulu sungai, juga memicu longsor, hingga akses jalan menuju kawasan wisata Gunung Ijen di Jembatan Kalipait tertutup material potongan pohon dan lumpur.

“Terjadi longsor setelah hujan lebat, kurang lebih 1 jam, akses menuju Bondowoso, menuju Ijen, tepatnya di air terjun Kalipait, tertutup material, dan ada beberapa titik longsor yang membuat putus jalur,” kata Evil, Warga Lereng Gunung Ijen.

Hingga Senin malam, petugas masih berupaya menjangkau lokasi banjir, sekaligus melakukan pendataan, terkait dampak yang ditimbulkan akibat banjir.