VIDEO: Longsor Terjang Desa Umbulrejo Ngawi, Saluran Air Bersih di 3 Desa Putus

VIDEO: Longsor Terjang Desa Umbulrejo Ngawi, Saluran Air Bersih di 3 Desa Putus

Pemukiman warga di Desa Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, pada Minggu (31/1) sore diterjang banjir dan longsor. Peristiwa ini menyebabkan satu rumah rusak, dan longsor yang memutus saluran air minum di tiga desa serta memutus akses jalan.

Video amatir warga ini merekam banjir, yang menerjang permukiman warga di Desa Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Minggu sore. Warga yang panik berusaha keluar rumah menyelamatkan diri, dengan menjauhi daerah lokasi.

Seperti rumah milik Supardi yang rusak diterjang banjir. Beruntung saat kejadian, Supardi dan keluarganya berhasil menyelamatkan diri.

Sementara di tempat lain, yang masih di Desa Umbulrejo, dalam waktu yang bersamaan, longsor terjadi dan menutup akses jalan. Material longsor berupa batu, memutus saluran air di tiga desa, akibatnya sekitar 350 keluarga di Desa Umbulrejo, Kletekan, dan Setono, Kecamatan Jogorogo mengalami krisis air bersih.

"Ada suara seperti kapal terbang jatuh, ternyata ndak tahunya itu, ada longsoran yang dari atas memutus empat kali irigasi untuk pertanian, dan juga memutus untuk air minum untuk masyarakat khususnya tiga desa, terdiri dari, Desa Umbulrejo, Kletekan, dan Setono yang terdampak sekitar 350 KK, juga memutus jalan warga, jalan alternatif yang biasanya ketika ada truk yang muatan berat lewat jalan situ," jelas Warsito Adi, Sekretaris Desa Umbulrejo.

Warga yang rumahnya berada di lokasi banjir dan longsor, terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sementara warga lainnya berjaga-jaga di lokasi, mengingat hujan masih terjadi dengan intensitas sedang hingga deras. Demikian liputannya pada Fokus, (2/2/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 February 2021, 16:59 WIB

Video Terkait

Spotlights