VIDEO: Kue Sus Krispi Kreasi Penata Rias di Kala Pandemi

Oleh Yusron Fahmi pada 02 Feb 2021, 12:36 WIB
Diperbarui 02 Feb 2021, 12:36 WIB

Liputan6.com, Jakarta Di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tidak menyurutkan warga di Sidoarjo, untuk tetap berusaha memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Memanfaatkan media sosial, wanita yang sebelumnya berprofesi sebagai penata rias, beralih dengan membuat kue unik yang dikenal supri atau sus krispi aneka rasa. Kini omzet usahanya pun mencapai Rp 3 juta per bulan.

Kreativitas dan kerja lebih keras memang dibutuhkan pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Novita Anggardini, wanita asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang sebelumnya berprofesi sebagai perias wajah atau make up untuk para penyanyi atau artis lokal, harus banting setir saat order sedang sepi, karena terdampak pandemi. Berikut kita simak pemberitaannya pada Liputan6, (1/2/2021).

Ia pun menciptakan kreasi kue unik bernama supri atau sus krispi. Pembuatan kue sus krispi tanpa bahan pengawet ini, tergolong mudah. Diawali dengan mencampur mentega, tepung, air secukupnya, gula dan garam di atas api kecil.

Setelah dingin dicampur kembali dengan telur ayam, adonan yang telah jadi, kemudian dimasukkan ke dalam plastik, jadi bentuk di atas loyang. Kemudian dipanaskan ke dalam oven selama kurang lebih 20 menit. Kue sus krispi pun siap dinikmati. Usaha yang awalnya hanya untuk dinikmati keluarganya ini, banyak dipesan melalui media sosial oleh masyarakat baik di Sidoarjo, Surabaya, dan sekitarnya.

Dalam sehari, Novi mampu membuat lima paket kue sus krispi dengan tiga varian rasa, yakni, vanila, coklat dan durian. Dalam sebulan, Novi mengaku mampu menghasilkan omzet hingga lebih dari Rp 3 juta.

“Waktu itu saya coba sendiri, kok rasanya enak, akhirnya saya bagi-bagi ke temen-temen ke saudara-saudara, dan mereka semua pada cocok, akhirnya mereka pesan ke saya, jadi awalnya itu ndak ada niatan untuk menjual waktu itu, cuman pada waktu itu karena mereka cocok, akhirnya pesen, itu sempat terjadi beberapa tahun yang lalu, cuman saya ndak fokus untuk jualan kue sus memang sebenernya, karena profesi saya di mua (make up artist), selama pandemi ini akhirnya saya teringat kembali, akhirnya saya coba nerusin jualan,” kata Novita Anggardini, Pembuat Kue Sus Krispi.

Harga per paket kue sus krispi dipatok sekitar Rp 75.000 tergantung varian rasa. Novi juga menerima pesanan berbagai macam aneka kue lainnya. Dengan tetap mengandalkan pembuatan kue tanpa bahan pengawet, mulai dari aneka kue tart, hingga kue-kue lainnya.