VIDEO: Melestarikan Seni Pencak Macan Agar Tak Lekang Zaman

VIDEO: Melestarikan Seni Pencak Macan Agar Tak Lekang Zaman

Seiring perkembangan zaman, seni Pencak Macan terancam hilang. Melalui paguyuban seni tradisi Lumpur Gresik seni warisan leluhur yang berumur ratusan tahun itu kembali dilestarikan dan dikenalkan kepada generasi muda.

Meski di tengah pembatasan kegiatan, akibat pandemi Covid-19, para pemuda ini rutin menggelar latihan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kesenian pencak macan merupakan salah satu kesenian khas Gresik, tepatnya di Kelurahan Lumpur.

Kesenian ini menceritakan tentang kehidupan berumah tangga, sehingga sering dibawakan sebagai pengiring pengantin. Pencak macan mengisahkan dinamika kehidupan, yang akan dialami oleh manusia, yang disimbolkan dengan tiga tokoh utama yakni, macan yang melambangkan seorang suami. Kemudian, monyet yang melambangkan seorang istri, dan sosok genderuwo atau hantu yang melambangkan angkara murka. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, (28/1/2021).

Ahmad Rofiq, salah satu pengurus Paguyuban Seni Tradisi Lumpur Gresik, mengatakan, sebelum ada Covid-19, pencak macan sering ditampilkan dalam hajatan pernikahan, namun, kini sepi seiring pandemi Covid-19, dan pembatasan kegiatan masyarakat.

"Dikarenakan kondisi Covid-19, akhirnya festival tersebut tidak bisa digelar, dikarenakan faktor izin keramaian maupun dari job-job pertunjukan, maupun pengantaran pengantin itu mulai berdampak sekali, dulunya, sebelum covid itu, temen-temen bisa mendapatkan job sampai 15 kali, kalau musim covid ini bahkan satu bulan ini tidak mendapatkan job sama sekali, dikarenakan dari Kepolisian maupun dari instansi terkait tidak mengizinkan untuk menggelar acara yang bersifat ramai," kata Achmad Rofiq, Pengurus PSTLG.

Para pemain pencak macan berharap, pemerintah daerah lebih peduli terhadap nasib para seniman, khususnya para seniman muda penerus kesenian pencak macan, agar seni tradisi ini tetap lestari, tidak hilang ditelan zaman.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 January 2021, 09:39 WIB

Video Terkait

Spotlights