VIDEO: Berdasar Rekaman CCTV, Pencuri Kotak Amal Masjid Diringkus Polisi

VIDEO: Berdasar Rekaman CCTV, Pencuri Kotak Amal Masjid Diringkus Polisi

Seorang pemuda di Jember, Jawa Timur, ditangkap polisi lantaran mencuri kotak amal di Masjid Al-Istiqomah di komplek Perumahan Muktisari. Aksi pelaku sempat terekam oleh kamera cctv, sehingga pelaku tidak bisa mengelak saat ditanya polisi.

Rencananya uang hasil membobol kotak amal akan dibelikan obat-obatan daftar G untuk mabuk. Kini tersangka mendekam di sel tahanan Polres Jember, dan polisi masih mengembangkan penyidikan, karena diduga pelaku tidak hanya beraksi di satu masjid.

Aksi pencurian kotak amal ini sempat terekam kamera pengintai, Masjid Al Istiqomah di komplek Perumahan Muktisari, Kecamatan Kaliwates, Jember. Tersangka sengaja menutupi wajahnya dengan kaos, saat mengambil dua kotak amal di dalam masjid, berisi uang sekitar Rp 3 juta.

Pencurian terjadi sekitar pukul 11 malam, (24/1/2021) lalu, saat kondisi masjid sepi. Tak berselang lama, pelaku AF (23) warga Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, Jember, diringkus polisi berdasarkan rekaman cctv.

Di hadapan polisi, tersangka mengaku, uang kotak amal yang dicuri tersangka dibelikan obat keras, untuk mabuk bersama teman-temannya. Berikut diberitakan pada Liputan6, (27/1/2021).

"Kami melakukan olah TKP, dan pada waktu kami melakukan olah TKP, kami mendapati di dalam masjid ada cctv, kemudian kami melihat rekaman cctv, pukul 23.00 dan di situ kami melihat ada seseorang yang masuk ke dalam masjid, kemudian mengambil kotak amal yang posisinya ada di dalam masjid," kata Iptu Solekhan Arief, Kaur Binops Polres Jember.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka mendekam di sel tahanan Polres Jember. Polisi masih mengembangkan penyidikan, karena diduga tersangka mencuri tak hanya di satu masjid.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 29 January 2021, 10:59 WIB

Video Terkait

Spotlights