VIDEO: Vaksin Sinovac Tiba di Mojokerto dan Probolinggo Dikawal Aparat Bersenjata

Oleh Yusron Fahmi pada 28 Jan 2021, 12:22 WIB
Diperbarui 28 Jan 2021, 12:22 WIB

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 3.120 vaksin Covid-19, sudah tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, dengan pengawalan ketat polisi pada Senin sore (25/1). Tahap selanjutnya, vaksin Sinovac akan didistribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan. Sementara itu, pendistribusian vaksin Sinovac tahap pertama juga diterima oleh Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 Kota Probolinggo.

Dengan pengawalan polisi bersenjata lengkap, 3.120 vaksin Covid-19, Senin sore, tiba di Kantor Dinas Kesehatan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Sebanyak dua kardus berukuran besar, berisi ribuan vial vaksin Sinovac dibawa ke dalam gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan setempat.

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander memastikan keamanan dari penyimpanan vaksin Covid-19, dengan mengerahkan personel gabungan untuk menjaga.

“Vaksin ini ditujukan ke Kabupaten Mojokerto sudah sampai, dimana oleh rekan-rekan dari Satuan Brimob, Polda Jawa Timur, sejumlah 3.120 vial untuk vaksin Covid-19, saya yakini lengkap dan juga lokasi tempat penyimpanannya, akan diamankan oleh rekan-rekan dari Polri, dan nanti bekerja sama dengan stake holder terkait, agar vaksin ini tetap aman, dan juga tetap steril,” tegas AKBP Dony Alexander, Kapolres Mojokerto.

Sementara itu, di Kota Probolinggo, 1.480 vaksin Sinovac tiba di Kantor Dinas Kesehatan setempat. Pengiriman vaksin Sinovac tahap pertama ini mendapat pengawalan mobil barakuda, dan pasukan Brimob. Vaksinasi tahap awal di Probolinggo, akan difokuskan pada tenaga kesehatan, dan pejabat esensial Pemerintah Kota Probolinggo.

“Dari Dinkes sudah ada datanya, selain dari para nakes, juga nanti ada pejabat esensial ada 10 orang, mudah-mudahan itu bisa meyakinkan masyarakat, bahwasanya vaksin ini aman, dan tidak membingungkan lagi masyarakat, seperti berita-berita hoax yang selama ini beredar di media sosial,” jelas Hadi Zainal Abidin, Ketua Satgas Covid-19 Probolinggo.

Gudang tempat penyimpanan vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan, Kota Probolinggo ini, juga dijaga ketat anggota dari Brimob dengan senjata lengkap. Demikian dilansir pada Liputan6, (27/1/2021).