Sukses

Emil Minta PLN Libatkan Siswa SMK dalam Proyek Mobil Listrik

Emil Elestianto Dardak uji coba mobil listrik milik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan meninjau kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Embong Wungu, Kota Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak uji coba mobil listrik milik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan meninjau kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Embong Wungu, Kota Surabaya, Senin (25/1/2021).

Emil mengendarai mobil listrik dari Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan menuju PLN ULP Embong Wungu di Jalan Dr. Soetomo untuk melakukan pengisian daya kendaraan listrik sekaligus meninjau kesiapan SPKLU.

"Mengendarai mobil listrik ini terasa nyaman, tidak berbeda dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Informasi dan literatur banyak yang menyebutkan bahwa untuk penggunaan di dalam kota, kendaraan ini sangat efisien juga ramah lingkungan," ujarnya saat transit di SPKLU PLN Embong Wungu.

"Untuk kesiapan charging station-nya sendiri saya acungi jempol, tinggal bagaimana ketersediaannya ini dapat terus bertambah sehingga mudah ditemui,” ungkapnya.

Emil Dardak mengaku mengapresiasi upaya PLN untuk mendukung era kendaraan listrik melalui penyediaan SPKLU yang terus digenjot. Dia berharap kesiapan infrastruktur yang baik ini ditunjang oleh adanya ketrampilan dalam pemeliharaan kendaraan listrik.

"Besar harapan kami agar PLN ikut membantu bersama-sama stakeholder terkait penyiapan SDM dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memiliki kompetensi dan ketrampilan dalam pemeliharaan kendaraan listrik," ujar Emil Dardak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Membantu

Menjawab tantangan tersebut, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Nyoman S. Astawa menyatakan siap untuk mendukung tantangan tersebut, mengingat Jawa Timur dikenal memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan tingginya potensi electric vehicle untuk semakin dikembangkan dan dimanfaatkan secara massif.

"Komitmen penuh PLN dalam program ini ditunjukkan dengan penyediaan pasokan listrik dan berbagai infrastruktur kelistrikan pendukung KLBB di Indonesia melalui SPKLU. Saat ini telah tersedia 16 unit Charging Station SPKLU milik PLN yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali," ucapnya.

Direktur SDM dan Administrasi PT PJB, Karyawan Aji menambahkan, SPKLU PLN Embong Wungu memiliki kapasitas energi sebesar 25 kW dan 2 (dua) type nozzle. Kedepannya PLN merencanakan pembangunan infrastruktur SPKLU lain khususnya di Jawa Timur. Diharapkan pada tahun 2025 mendatang, setidaknya 2.400 SPKLU di seluruh Indonesia telah siap digunakan.

"Saat ini, PT PJB sedang membangun SPKLU dan memasuki tahapan finishing. SPKLU ini terletak di kantor PT Pembangkitan Jawa-Bali, Jalan Ketintang Baru Nomor 11, Surabaya. SPKLU ini menjadi dukungan kami terhadap electrifying lifestyle yang mulai menjadi tren saat ini. Harapannya, akan banyak lagi SPKLU yang dengan mudah kita temui di jalan-jalan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.