Sukses

Beasiswa Banyuwangi Cerdas Dibuka, Cek Cara Daftarnya

Beasiswa Banyuwangi Cerdas ini diberikan kepada pelajar Banyuwangi yang ingin melanjutkan kuliah tetapi tidak mampu secara ekonomi.

Liputan6.com, Surabaya- Beasiswa pendidikan S1 untuk anak muda di Banyuwangi kembali dibuka. Beasiswa Banyuwangi Cerdas ini diberikan kepada pelajar Banyuwangi yang ingin melanjutkan kuliah tetapi tidak mampu secara ekonomi.

“Kriteria utama yang bisa mengakses Beasiswa Banyuwangi Cerdas adalah anak dari keluarga tidak mampu, tetapi punya potensi dan prestasi,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno, seperti yang dikutip dari Timesindonesia.co.id, Jumat (22/1/2021).

Program beasiswa yang sudah diluncurkan sejak 2011 ini menjalin kerjasama dengan empat universitas, yakni, Universitas Jember (UNEJ), Universitas Islam Negeri Jember, Universitas Terbuka di Jember, serta Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.  

Sejak diluncurkan, tak kurang 1.800 anak muda yang mendapatkan program ini. Anggaran yang dikucurkan total sudah mencapai Rp 26,25 miliar.

Pendaftaran program Beasiswa Banyuwangi Cerdas dibuka mulai 20 Januari sampai 10 April 2021. Kuotanya ditentukan dari masing-masing perguruan tinggi.

Ia menjelaskan bagi pemuda di Banyuwangi yang ingin mengakses beasiswa ini harus menyerahkan formulir pendudkung seperti biodata orang tua, pekerjaan, rekening listrik, dan foto rumah dari berbagai sisi.

“Nantinya ada tim khusus yang akan mensurvey ke lokasi," ucapnya.

Selain itu, mereka harus lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Peserta program Beasiswa Banyuwangi Cerdas ini akan mendapatkan alokasi dana Rp 12 juta per mahasiswa per tahun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.