VIDEO: Ratusan Jemaah Umrah Awal Tahun Karantina COVID-19

VIDEO: Ratusan Jemaah Umrah Awal Tahun Karantina COVID-19

Sebanyak 284 jemaah umrah dari berbagai wilayah di Indonesia kembali diberangkatkan ke Tanah Suci menggunakan pesawat Lion Air JT 3100. Semua jemaah akan mendarat langsung ke Kota Madinah, dan menjadi rute pertama penerbangan internasional pasca setahun ditutup akibat pandemi Covid-19.

Setelah sempat tertunda hampir setahun, 184 jemaah umrah yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia pada Minggu petang, akhirnya berangkat ke Tanah Suci langsung menuju Madinah, tanpa transit di Kota Jeddah. Ratusan jemaah diangkut pesawat Lion Air JT 3100. Mereka yang berangkat umrah ini adalah jemaah yang sempat tertunda keberangkatannya pada awal pandemi 2020 yang lalu.

Meski tertunda hampir setahun, harus melewati syarat ketat, termasuk negatif Covid-19, jemaah sangat bersyukur bisa menuju Tanah Suci untuk beribadah. Karena sudah lama mereka idamkan. Berikut diberitakan pada Liputan6, (19/1/2021).

Semua jemaah harus dikarantina 2 hari sebelum berangkat, karena harus negatif Covid-19. Selanjutnya di Madinah, semua jemaah juga harus dikarantina 2 hari lagi, dan lolos tes usap Covid-19, sebelum menjalani prosesi ibadah umrah.

"Di era pandemi ini bahwa sebelum berangkat ke sana, jemaah harus dipastikan bahwa negatif dari covid, mesti harus tahan dulu sehari sebelum terbang ke Saudi, yang kedua wajib untuk tes PCR," terang Fauzi Wahyu Montoro, Biro Travel Haji/Umrah.

Pihak biro perjalanan jemaah umrah akan terus berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 di Arab Saudi, untuk memantau kesehatan 284 jemaah umrah. Sehingga semua jemaah terhindar dari penularan Covid-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 January 2021, 10:50 WIB

Video Terkait

Spotlights