Sukses

Cerita Hotel Aston Gresik yang Begitu Buka Langsung Disambut Pandemi Covid-19

Ulang tahun pertama Aston Inn Gresik dirayakan dengan kegiatan donor darah dan berbagi, seiring pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 memukul perekonomian secara umum. Sektor yang sangat terimbas terutama sektor horeka (hotel, restoran, kafe) seiring pembatasan mobilitas orang untuk mencegah penularan penyakit yang dibawa vius corona jenis baru ini.

Covid-19 secara resmi masuk Indonesia pada Maret 2020. Sebelum itu, para pelaku usaha masih menjalankan rencana dan ekspansi dengan optismistik sesuai rencana kerja. Salah satunya jaringan hotel Aston yang membuka hotel di Gresik, Jawa Timur.

Tepat setahun hari ini, Aston Inn Gresik secara resmi diluncurkan yakni pada 20 Januari 2020 lalu. Menawarkan opsi perhotelan di tengah kota, Aston Inn Gresik hadir dengan ciri khas standar internasional ASTON dan dilengkapi dengan ballroom terbesar di Kota Gresik yang mampu menampung hingga tiga ribu orang.

Dari keterangan tertulis Aston Inn Gresik, acara soft opening tahun lalu dirayakan secara meriah dengan seremonial potong pita dan tumpeng, tabuhan rebana, Bupati Gresik, Kapolres Gresik, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gresik, hingga CEO Archipelago, John Flood.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan beragam hiburan khas Gresik seperti tari Pencak Macan Lumpur dan Giri Shalawat, hingga suguhan atraksi food parade dan flashmob. Adapun acara opening ceremony tahun lalu ditutup dengan penampilan memukau Yuni Shara.

Tak lama usai peluncuran itu, pandemi melanda. Hotel lama maupun baru terimbas. Dengan berbagai jurus, Aston Inn Gresik berusaha bertahan di tengah pandemi.

Catatan pihak hotel menunjukkan tingkat hunian atau okupansi dari Maret-Desember (year to date 2020) di sekitar 55 persen dari total 142 kamar. Hotel tidak ditutup dan tidak ada pemecatan karyawan.

Masuk tahun 2021 ini, okupansi selama Januari rata rata 40 persen. Untuk memberi keamanan dari paparan sumber penyakit, sterilisasi dilakukan selain mengggunakan cairan disinfektan, juga menggunakan UV-C untuk benda dan UV lights untuk ruangan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donor Darah Ulang Tahun Aston Inn Gresik

Di tengah pandemi saat ini, Aston Inn Gresik memilih untuk merayakan hari jadi pertama secara sederhana melalui kegiatan donor darah dan periksa mata gratis untuk karyawan. Adapun seremonial potong tumpeng, doa bersama, serta santunan 15 anak yatim dari Yayasan Assyahadah Pondok Pesantren Hidayatullah Darulhijrah 4 Gresik akan diselenggarakan secara tertutup bersama karyawan.

“Hari jadi yang pertama ini kami rayakan dengan berbagi sebagai wujud rasa terima kasih dan syukur. Selain itu, kami memilih kegiatan donor darah karena adanya peningkatan permintaan darah di masa pandemi ini,” ujar General Manager ASTON Inn Gresik, Paminta Nugraha.

Dia mengatakan pihaknya mengajak seluruh karyawan serta tamu hotel untuk berbagi darah. "Karena berbagi satu tetes darah tentu akan sangat berarti," katanya dalam keterangan tertulis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.