VIDEO: Sayang Bila Dibuang, Kulit Pisang Diolah Menjadi Kerupuk Gurih dan Renyah

VIDEO: Sayang Bila Dibuang, Kulit Pisang Diolah Menjadi Kerupuk Gurih dan Renyah

Kulit pisang biasanya dibuang begitu saja atau dijadikan pakan ternak. Namun Toyyibatur Rohmah (31) dibantu dua karyawannya warga Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang, setiap harinya membuat kerupuk kulit pisang. Dibanding kulit pisang lainnya, kulit pisang kepok dipilih karena lebih tebal. Untuk satu bungkus kerupuk kulit pisang ini, dijual dengan harga Rp 10.000. Berikut kita simak pemberitaannya pada Liputan6, (18/1/2021).

Dibantu dua orang karyawannya, Toyyibatur Rohmah (31), warga Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang, setiap hari membuat kerupuk kulit pisang. Dibanding kulit pisang lainnya, kulit pisang kepok dipilih karena lebih tebal.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, kulit pisang kepok dibersihkan, direbus selama 30 menit, lalu dipotong dan dihaluskan. Setelah halus dicampur tepung kanji, tepung terigu, bawang putih dan garam, hingga menjadi adonan. Tahap selanjutnya, adonan direbus menggunakan alat cetakan. Setelah matang, diiris sesuai diinginkan.

Tak berbeda menggunakan kerupuk lainnya. Pembuatan kerupuk kulit pisang ini juga dijemur di bawah terik matahari agar kering. Tahap terakhir digoreng. Ide awal Toyyibatur Rohmah membuat kerupuk dari bahan kulit pisang kepok, karena kulit pisang dari industri keripik pisang dibuang begitu saja. Kerupuk kulit pisang ini selain nikmat rasanya, gurih dan renyah.

"Selama ini kan, saya kan memproduksi keripik dari pisang, kulitnya kan sayang dibuang, akhirnya saya olah menjadi kerupuk, kulitnya itu kan ada zat pati, dengan begitu saya rasa zat pati itu kandungan yang ada di tepung, yang bisa dibuat kerupuk dan juga banyak sekali manfaatnya, kayak anti oksidan dan serat," jelas Toyyibatur Rohmah, Pembuat Kerupuk Kulit Pisang.

Harga satu bungkus kerupuk kulit pisang dijual Rp 10.000. Selain dijual di sejumlah kota di Jawa Timur, seperti Kediri, Blitar, dan Surabaya, kerupuk kulit pisang ini juga pesanan dari Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 January 2021, 11:33 WIB

Video Terkait

Spotlights