11 Makanan Khas Sumenep Madura, Banyak Pakai Petis Ikan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 18 Jan 2021, 15:40 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 15:40 WIB
Soto Padang
Perbesar
Ilustrasi Soto Madura Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Sumenep merupakan kabupaten yang terletak paling timur pulau Madura. Sama seperti daerah lainnya, Sumenep punya makanan khas yang dikenal kelezatannya. Makanan khas Sumenep ini sudah menjadi makanan sehari-hari warga Sumenep.

Sumenep dikenal dengan kuliner sate Maduranya. Sate Madura khas Sumenep bahkan bisa ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Namun, selain sate, ada banyak makanan khas Sumenep yang tak kalah nikmat.

Makanan khas Sumenep ini begitu istimewa dengan cita rasa yang unik. Berikut 10 makanan khas Sumenep, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(18/1/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan khas Sumenep Madura

Soto Banjar
Perbesar
Soto (sumber: iStockphoto)

Soto Sabreng

Soto Sabreng merupakan makanan khas Sumenep yang unik. Soto ini merupakan soto babat yang disajikan bersama lontong dan singkong rebus. Soto ini juga menggunakan bumbu kacang sebagai bagian dari kuahnya. Bumbu kacang soto Sabreng terbuat dari kacang tanah yang telah dihaluskan dan dicampur dengan petis ikan dan bumbu lainnya. Bumbu kacang yang kental ini disiram di atas lontong, singkong, dan babat, lalu dilanjutkan dengan siraman kuah soto yang segar.

Soto Selingkuh

Soto selingkuh atau juga dikenal dengan rujak selingkuh merupakan perpaduan dari soto dan rujak. Sekilas, soto ini mirip dengan rujak soto yang ada di Banyuwangi. Soto ini mulai populer sejak awal 2000-an di jalan Dr Wahidin, Sumenep.

Soto selingkuh merupakan soto babat yang disajikan bersama sayuran ala rujak, lengkap dengan bumbu kacangnya. Penyajian soto selingkuh dimulai dengan lontong, singkong, sayuran, dan lontong, kemudian diberi bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, pisang muda, petis dan gula merah. Soto kemudian disiram dengan kuah soto babat yang panas dan mengepul.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan khas Sumenep Madura

Soto ayam santan
Perbesar
Soto (sumber: Raphiell Alfaridzy/unsplash)

Soto campur

Soto campur ini juga mirip dengan soto sabreng dan soto selingkuh. Soto campur merupakan perpaduan dari soto dan rujak. Bedanya kuah dari soto campur menggunakan santan dan cabai yang telah dihaluskan. Soto campur bisa ditemukan di daerah Kebonagung, Sumenep.

Lontong Campor

Olahan campur lainnya adalah campor. Campor atau juga disebut dengan lontong campor berisi lontong, daging sapi, irisan timun, soun, bawang goreng, irisan bawan daun, bumbu kacang dan cabai. Sementara kuah campor terbuat dari campuran sup daging, merica, santan, bawang putih, cabe merah, pala, kayu manis dan rempah rempah lainnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan khas Sumenep Madura

Kaldu kokot
Perbesar
Kaldu kokot. (Sumber: Instagram/mardellas_)

Kaldu kokot

Kaldu kokot termasuk makanan khas Jawa Timur yang populer di Sumenep. Makanan khas Sumenep ini terbuat dari tulang sapi yang masih ada sumsumnya dan pada tulangnya masih menempel dagingnya. Kaldu kokot juga berisi kacang hijau atau kedelai yang bisa menambah cita rasanya. Kaldu kokot biasanya disantap bersama lontong atau kroket singkong.

Kalsot

Selain kaldu kokot, Sumenep juga punya olahan kaldu lainnya yaitu kaldu soto atau kalsot. Kalsot terbuat dari kaldu sapi yang dimasak bersama bumbu soto yang khas. Kalsot biasanya berisi kikil, daging sapi, tulang sapi dan kacang hijau.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan khas Sumenep Madura

Ilustrasi rujak
Perbesar
Ilustrasi rujak (sumber: Wikipedia)

Rojek

Rojek atau rujak merupakan olahan rujak petis khas Sumenep. Berbeda dengan rujak yang ada di Surabaya yang menggunakan petis udang, rojek khas Sumenep menggunakan petis ikan. Rojek biasanya berisi lontong, irisan tahu goreng, singkong rebus, irisan timun, dan sayur rebus.

Masak Pae

Masak Pae merupakan olahan sup merah dengan 'pie' di dalamnya. Pae atau pie terbuat dari campuran kentang dan telur yang diolah seperti kue pie. Pie ini kemudian dipotong dan disajikan bersama kuah merah yang gurih. Kuah masak pae juga biasanya berisi campuran kacang polong dan daging.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan khas Sumenep Madura

Cake

Cake mirip dengan masak pae. Cake merupakan sup yang berisi potongan tepung yang terbuat dari campuran udang. Kuah cake berisi daging ayam atau lidah sapi dengan sayuran seperti wortel, kacang polong, dan kembang kol. Cake disajikan bersama keripik kentang di atasnya. Baik cake dan masak pae, keduanya merupakan makanan khas Sumenep yang biasanya ada di pesta pernikahan.

Pentol Gape

Pentol gape merupakan makanan khas Sumenep yang cukup hits. Makanan ini terbuat dari tepung dan ikan tongkol dengan bumbu rempah. Bentuk pentol gape tidak bulat seperti pentol pada umumnya. Pentol gape berbentuk pipih melingkar menyerupai piring.

Pentol gape biasa disajikan dalam dua cara, basah atau kering. Pentol gape basah biasanya dipanggang, sedangkan pentol gape kering digoreng hingga kering. Pentol ini disajikan bersama saus khusus yang terbuat dari kanji dan rempah dan tak lupa tambahan petisnya.

Apen

Apen merupakan kue tradisional khas Sumenep. Kue ini sangat legendaris bagi warga Sumenep. Apen terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Bentuk apen mirip dengan serabi yang disiram bersama kuah santan dan gula merah.

 

Lanjutkan Membaca ↓