Sukses

Siap-Siap, Nakes di Tulungagung Akan Divaksin Corona 15 Januari 

Pemberian vaksin ini dipastikan gratis. Namun untuk sumber anggaran masih dibahas, apakah menjadi tanggungan pusat atau daerah.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kabupaten Tulungagung menjadwalkan vaksinasi Covid-19 untuk ratusan tenaga kesehatan di daerah setempat pada 15 Januari 2020.

"Pekan ini vaksin diambil petugas Dinkes ke Pemprov Jatim," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tulungagung Kasil Rokhmat di Tulungagung, seperti dilansir Antara, Kamis (7/1/2021).

Kata dia, tenaga kesehatan menjadi prioritas pertama menjalani vaksinasi karena berhadapan langsung dalam penanganan wabah Corona. Namun Kasil belum merinci jumlah vaksin yang bakal diterima dari Pemprov Jatim. Ia beralasan, sampai saat ini data dari Satgas Provinsi masih terus berubah-ubah.

“Totalnya belum fix, belum bisa kita sampaikan," katanya.

Pemberian vaksin ini dipastikan gratis. Namun untuk sumber anggaran masih dibahas, apakah menjadi tanggungan pusat atau daerah.

Pihaknya sudah menyediakan anggaran sebesar Rp15 miliar jika anggaran vaksin dibebankan pada daerah masing-masing.

“Masyarakat yang sesuai dengan daftar dan kriteria (vaksin) gratis," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

32 Puskesmas

Rencananya, vaksinasi akan dilakukan di 32 puskesmas yang ada. Jika dirasa kurang akan ditambah di rumah sakit swasta.

Kasil mengatakan, setelah vaksin akan ada efek yang dirasakan oleh penerima vaksin, atau yang lazim disebut KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi).

Untuk itu pihaknya sudah membentuk tim KIPI, yang berpusat di RSUD Iskak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.