VIDEO: Ribuan Pelayat Iringi Pemakaman Habib Hasan Assegaf, Ini Respons Satgas COVID-19 Pasuruan

VIDEO: Ribuan Pelayat Iringi Pemakaman Habib Hasan Assegaf, Ini Respons Satgas COVID-19 Pasuruan

Satgas COVID-19 Kota dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, akan segera melakukan penelusuran, atau tracing mulai Senin hingga beberapa hari mendatang.

Menyusul peristiwa kerumunan ribuan pelayat, yang datang saat prosesi pemakaman, Habib Hasan Muhamad bin Hud, pada hari Minggu kemarin. Peristiwa kerumunan ribuan pelayat itu tak diduga sama sekali sebelumnya.

Dalam video warga ini, ribuan pelayat menyambut jenazah Habib Hasan Muhamad bin Hud Assegaf, di depan Masjid Agung Al-Anwar Kota Pasuruan, di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, pada Minggu sore.

Kerumunan ribuan pelayat juga terjadi di tepi Jalan Wahid Hasyim depan masjid, hingga memasuki komplek masjid, tempat ulama karismatik itu disalatkan dan dimakamkan. Insiden kecil sempat terjadi, saat sejumlah pelayat berdesakan hingga terjatuh dan merusak pagar pembatas taman masjid.

Kedatangan ribuan pelayat, baik dari dalam maupun luar Kota Pasuruan ini tidak dapat diantisipasi Satgas Covid-19 setempat. Mereka berkerumun dan banyak yang tidak mengenakan masker, hingga berpotensi besar menjadi cluster baru penyebaran Covid-19 di wilayah Pasuruan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, sekaligus juru bicara Satgas Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan, kedatangan ribuan pelayat tak terduga, karena beberapa jam sebelumnya, suasana di komplek Masjid Al-Anwar nampak sepi.

Namun, pihaknya akan melakukan tracing atau penelusuran kontak erat, bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan.

"Dalam pengamatan kita di lapangan bahwa masyarakat sebagian besar sudah memakai masker, tapi memang sulit untuk menjaga jarak, karena ramainya kemarin itu, dan karena memang Beliau tokoh ulama yang besar, sehingga banyak masyarakat kepingin datang untuk melayat pemakaman Beliau, jadi intinya kita doakan saja semoga tidak terjadi klaster di pemakaman kemarin," kata Kokoh Arie Hidayat, Juru Bicara Satgas Covid-19 Pasuruan, seperti dilansir dari Fokus, 29 Desember 2020.

Habib Hasan Muhamad bin Hud Assegaf merupakan pengurus besar sekaligus Imam Masjid Agung Al-Anwar Kota Pasuruan, yang dikenal sebagai salah satu ulama karismatik di Jawa Timur.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 31 December 2020, 14:08 WIB

Video Terkait

Spotlights