Sukses

Inovasi Polres Tulungagung Melalui TMC Mobile

Dalam TMC Mobile terdapat alat komunikasi HT, CCTV Mobile yang dapat diletakkan di titik yang dibutuhkan pada saat operasi tidak hanya di seputaran TMC Mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Satlantas Polres Tulungagung meluncurkan TMC Mobile berupa truk yang dimodifikasi sehingga berfungsi sebagai komunikasi, koordinasi, komando, pengendalian dan informasi lalu lintas di lapangan.

Kapolres Tulungagung AKBP Handono menuturkan, TMC Mobile jadi inovasi tepat yang digagas oleh Kasat Lantas. Apalagi saat pandemi COVID-19 ada perubahan tatanan kebiasaan dalam bertindak seperti menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

"Saat ini Polri dituntut untuk lebih mengedepankan upaya preventif dibandingkan penegakan hukum. Sebagai pimpinan harus melakukan kontrol personel di pos-pos yang ada, sehingga TMC Mobile ini adalah inovasi tepat yang digagas oleh Kasat Lantas. Dalam TMC Mobile ini kita bisa memantau secara audio dan visual sehingga bisa berkomunikasi dua arah dengan anggota di pos yang lain tanpa harus datang ke pos itu,” kata dia, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (26/12/2020).

Dalam TMC Mobile terdapat alat komunikasi HT, CCTV Mobile yang dapat diletakkan di titik yang dibutuhkan pada saat operasi tidak hanya di seputaran TMC Mobile.

Akan tetapi, CCTV bisa diletakkan di pos pengamanan lain dan daerah rawan yang perlu  dipantau di lapangan secara live. Hal itu menggunakan perangkat monitor dan CCTV mobile (CCTV yang dimodifikasi sehingga dapat dipindah sewaktu-waktu.

"TMC Mobile ini juga sebagai kontrol pimpinan serta dapat menerapkan physical distancing dengan meminimalkan pertemuan dan pengecekan secara langsung ke pos tersebut untuk memutus mata rantai COVID-19,” kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdasarkan Kajian Teori Analis SWOT

Ia menambahkan, selain itu meminimalkan potensi bahaya di pos lain dengan respons cepat dan termonitor dari TMC Mobile.

"TMC Mobile ini dibuat berdasarkan kajian teori analis SWOT,” kata Kasat Lantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi Sutrisno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.