VIDEO:  Selain Keamanan, Operasi Lilin Semeru 2020 Kawal Protokol Kesehatan

VIDEO: Selain Keamanan, Operasi Lilin Semeru 2020 Kawal Protokol Kesehatan

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Forkopimda, Jawa Timur, menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2020-2021 di halaman Mapolda Jawa Timur. Demi terciptanya ketertiban dan keamanan Natal dan Tahun Baru, ribuan personel dari TNI-Polri yang akan diterjunkan, juga akan menegakkan aturan protokol kesehatan di tengah libur nataru tahun ini.

Menyambut libur Natal Tahun Baru saat pandemi COVID-19, jumlah total personel gabungan yang dilibatkan 16.789 orang. Mengingat saat libur Natal dan Tahun Baru kali ini masih dalam masa pandemi, selain melakukan pengamanan, ribuan pasukan dari TNI-Polri yang diterjunkan, juga akan menegakkan protokol kesehatan, mengantisipasi penularan COVID-19.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, Operasi Lilin Semeru mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru di Jawa Timur. Kapolda juga mengajak seluruh masyarakat untuk aktif menjaga lingkungan masing-masing, serta selalu menjaga protokol kesehatan.

Sementara itu, di wilayah Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, petugas gabungan TNI, Polri, BPBD, dan relawan pencegahan COVID-19, disiagakan untuk melaksanakan pemeriksaan setiap warga yang masuk Jawa Timur, melalui Magetan.

Bagi warga yang tidak bisa menunjukkan hasil tes COVID-19, langsung diminta putar balik, dan tidak boleh masuk Jawa Timur. Hal ini guna menekan penyebaran COVID-19, yang semakin hari terus meningkat.

"Dari satuan tugas, minggu depan akan mengeluarkan surat edaran, di mana orang masuk wilayah Jawa Timur khususnya di wilayah Kabupaten Magetan ini akan dilakukan perketatan, nanti dari bidang gakum dan kedisiplinan akan memantau di jalur wisata, kemudian kita pilih di tempat perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tepatnya di Cemorosewu, karena daerah sini cukup padat," kata Fery Yoga Saputra, Petugas Satgas Covid-19 Magetan, dilansir dari Liputan6, 22 Desember 2020.

Petugas secara berkala juga akan merazia penegakan protokol kesehatan di sejumlah taman wisata, di Magetan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 December 2020, 19:32 WIB

Video Terkait

Spotlights