VIDEO: Curah Hujan Tinggi, Jalur Wisata Gunung Bromo Longsor

VIDEO: Curah Hujan Tinggi, Jalur Wisata Gunung Bromo Longsor

Tanah longsor kembali terjadi, di jalur wisata Gunung Bromo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Senin sore. Akibatnya, akses menuju wisata alam lewat Tosari sempat terputus, karena longsor menutup jalan raya. Tak hanya itu, lima rumah warga rusak parah tertimpa material longsoran.

Material longsor berupa tanah dan bebatuan besar ini, menutup jalur wisata menuju Gunung Bromo, di Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Pasuruan, Senin sore. Longsor terjadi karena curah hujan tinggi, yang mengguyur wilayah Pegunungan Bromo selama beberapa hari terakhir.

Tak hanya menutup jalan raya, longsor juga menimpa lima rumah warga. Beruntung saat longsor itu terjadi, penghuni rumah bisa menyelamatkan diri, hingga tidak memakan korban jiwa.

Untuk membuka kembali jalur transportasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD, Kabupaten Pasuruan, menurunkan satu alat berat berupa eksavator. Hingga Senin sore, upaya evakuasi material longsor masih dilakukan petugas dibantu sejumlah warga. Berikut dilansir pada Liputan6, 16 Desember 2020.

Ancaman longsor susulan masih mengintai warga sekitar, lantaran intensitas hujan di wilayah Pegunungan Bromo masih cukup tinggi. Oleh karena itu, BPBD mengimbau warga untuk tetap waspada, dan menghindar lokasi apabila turun hujan deras.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 17 December 2020, 14:21 WIB

Video Terkait

Spotlights