VIDEO: Awan Panas dan Lava Pijar Kembali Keluar dari Puncak Semeru

VIDEO: Awan Panas dan Lava Pijar Kembali Keluar dari Puncak Semeru

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali meluncurkan awan panas guguran dan lava pijar, dengan jarak luncur mencapai 1,5 kilometer, Minggu pagi. Sementara Gunung Semeru masih belum meningkat dari sebelumnya, berstatus waspada level 2.

Inilah kondisi Gunung Semeru, pascameluncurkan awan panas dari ujung lidah lava, Minggu pagi. Kondisi di puncak Gunung Semeru sesekali cerah, tetapi secara umum tertutup awan.

Terpantau dari Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, tampak kubangan menunjukkan, sebagian material vulkanik gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu telah longsor. Demikian diberitakan pada Liputan6, 14 Desember 2020.

Data Minggu pagi ini, dari Pos Pantau Gunungapi Semeru, di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Petugas merekam satu kali luncuran awan panas guguran, dengan jarak luncur mencapai 1.500 meter dari ujung lidah lava.

Selain awan panas guguran, juga terekam 10 kali luncuran lava pijar, dengan jarak luncur mencapai 700 meter ke arah Besuk Kobokan. Meski begitu, status Gunung Semeru masih bertahan di status waspada level 2.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 15 December 2020, 16:18 WIB

Video Terkait

Spotlights