VIDEO: Jalan Penghubung di Sumberwuluh Lumpuh Akibat Banyak Material Gunung Semeru

VIDEO: Jalan Penghubung di Sumberwuluh Lumpuh Akibat Banyak Material Gunung Semeru

Hampir sepekan warga Dusun Kajang Kosong di Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, terpaksa menjalani aktivitas terbatas, sebab jalan masuk dusun tertutup material lahar dingin Gunung Semeru.

Warga melewati jalan tersebut dengan berjalan kaki, karena tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4, Rabu pagi.

Hampir sepekan, jalan menuju Dusun Kajang Kosong di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, lumpuh. Jalur masuk dusun ini, dipenuhi material bekas banjir lahar semeru.

Batu berbagai ukuran tersebar, dan sebagian menumpuk di jalan. Material ini belum dibersihkan, karena masih terjadi banjir lahar Gunung Semeru. Demikian dilansir dari tayangan Fokus, 11 Desember 2002.

Warga yang hendak keluar dusun, terpaksa harus berjalan kaki di tengah aliran lahar dingin, sejauh 200 meter. Setelah melewati jalur ini, kemudian baru bisa naik motor, atau kendaraan pinjaman dari warga sekitar.

Aktivitas warga lain yang mau masuk ke Dusun Kajang Kosong juga terganggu. Warga yang berprofesi sebagai penjaja kue misalnya, juga terpaksa mengurangi jam kerjanya, sebab khawatir terjadi banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Sementara itu, hingga Rabu, 9 Desember 2020 pukul 6 pagi, Gunung Semeru masih mengalami 18 kali letusan, dan sekali guguran lava. Kondisi ini terlihat dari pos pantau PVMBG Gunungapi Semeru, yang ada di Gunung Sawur. Sedang kondisi umum visual puncak Gunung Semeru tertutup kabut tebal, dan masih berada pada status waspada level 2.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 December 2020, 15:11 WIB

Video Terkait

Spotlights