Sejumlah Anggota DPRD Jember Cukur Gundul, Ada Apa?

Oleh Liputan6.com pada 11 Des 2020, 10:29 WIB
Diperbarui 11 Des 2020, 11:52 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 (Liputan6.com / Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur pendukung pasangan calon Hendy-Gus Firjaun dan aktivis LSM setempat melakukan aksi cukur gundul secara spontan di ruang lobi DPRD, Kamis, 10 Desember 2020. 

Aksi cukur gundul tersebut sebagai bentuk rasa syukur atas kekalahan calon bupati petahana Faida yang berpasangan dengan cawabup Vian kalah pada Pilkada 2020 berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

"Aksi cukur gundul itu bentuk ungkapan syukur kami bahwa cabup-cawabup yang kami dukung unggul dalam pilkada dan bentuk ungkapan untuk menjaga silaturahim antarsemua pihak," kata Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto, dilansir dari Antara.

Menurut ia, kini tidak ada lagi pasangan calon nomor urut 1, 2, dan 3, karena semuanya sudah menjadi masyarakat Jember dan menjadi satu kesatuan untuk Jember lebih baik.

"Tentunya sudah tidak ada lagi perbedaan dan semuanya bersatu untuk Jember dalam upaya mengejar ketertinggalan, sehingga yang dulu berbeda pandangan saat pilkada, sudah saatnya bersama kembali," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi B DPRD Jember Nyoman Aribowo yang ikut aksi cukur gundul tersebut, meskipun ia tidak mendukung pasangan calon nomor urut 2 Hendy-Gus Firjaun dalam pilkada.

"Saatnya bersatu kembali dan perbedaan pilihan di antara anggota DPRD Jember sudah selesai, sehingga harus bekerja sama untuk memperbaiki kabupaten ini agar bisa lebih baik," katanya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Harapan ke Depan

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Perbesar
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Ia berharap komunikasi yang buruk antara eksekutif dengan legislatif saat kepemimpinan Bupati Jember Faida tidak terulang kembali pada calon bupati baru yang terpilih, sehingga sinergi DPRD dan Pemkab Jember dapat berjalan optimal.

Hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) nomor urut 2 Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman unggul dengan perolehan suara 47,95 persen.

Sedangkan pasangan cabup-cawabup nomor urut 1 Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto mendapatkan suara 30,41 persen, dan pasangan cabup-cawabup nomor urut 2 Abdussalam-Ifan Ariadna mendapatkan suara 21,64 persen.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni pasangan Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) nomor urut 1, pasangan Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Firjaun) nomor urut 2, dan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) nomor urut 3.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya