VIDEO: Ancam Permukiman Warga, Penambang Alihkan Arus Lahar Dingin Gunung Semeru

VIDEO: Ancam Permukiman Warga, Penambang Alihkan Arus Lahar Dingin Gunung Semeru

Mengantisipasi tanggul sungai jebol dan mengancam pemukiman warga, para penambang pasir setempat gotong-royong, mengalihkan arus lahar dingin Gunung Semeru, Selasa pagi. Sebelumnya tanggul sungai ambrol 7 meter, akibat terjangan lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur yang terjadi pada minggu lalu.

Sedikitnya tiga alat berat, dikerahkan penambang pasir untuk mengalihkan arus lahar dingin Gunung Semeru di Sungai Leprak, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Pengalihan arus lahar, dilakukan sejak Senin hingga Selasa pagi. Salah satu tanggul penahan lahar di sungai ini ambrol, diterjang banjir lahar Semeru, hari Minggu lalu. Dari 40 meter panjang tanggul, sekitar 7 meter di antaranya ambrol. Jika tanggul ini jebol lagi, banjir lahar dingin Gunung Semeru berpotensi mengancam ribuan jiwa di tiga desa di Kecamatan Candipuro, dan Kecamatan Pasirian.

Sungai Leprak ini berhulu dari Sungai Curah Kobokan, yang dialiri lahar Gunung Semeru. Besarnya debit material lahar dingin, membuat arus sungai berubah-ubah, hingga menghantam sisi tanggul sungai.

"Muncul ide ini dengan bantuan salah satu penambang yang warga Candipuro ini, merelakan diri untuk kepentingan masyarakat, mengikhlaskan tiga armadanya backhoe untuk pengalihan arus, apabila terjadi banjir lagi maka arus ini akan mengalir ke tengah," ujar Kapt. Inf. AE Supriyadi, Anggota Posko Satgas Penanganan Erupsi Semeru, seperti dilansir dari tayangan Liputan6, 9 Desember 2020.

Hingga Selasa siang, dari Pos Pemantauan Gunungapi Semeru, Gunung Semeru mengalami sembilan kali letusan, dan beberapa kali guguran lava pijar, dengan jarak luncur 500 meter.

Status Gunung Semeru masih bertahan di waspada level 2. Masyarakat di lereng Gunung Semeru, dan bantaran sungai diimbau petugas, agar tetap tenang, namun waspada, karena secara umum kondisi semeru belum kembali normal.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 December 2020, 11:27 WIB

Video Terkait

Spotlights