VIDEO: Berwisata Sambil Belajar Budi Daya Lebah Madu di Desa Bringin Kediri

VIDEO: Berwisata Sambil Belajar Budi Daya Lebah Madu di Desa Bringin Kediri

Mau mengenal lebah serta bagaimana pengolahan madu? Kita bisa mengunjungi kampung madu di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Selain berwisata, pengunjung juga bisa mempelajari budi daya lebah madu serta proses pengolahan madu.

Di kampung madu, Desa Bringin, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, ini terdapat sekitar 40 peternak lebah madu. Selain usaha ternak lebah madu, para peternak juga menyediakan wisata edukasi, tentang budi daya lebah madu.

Pengunjung, bisa melihat langsung dan bertanya tentang beternak lebah madu, dan dikenalkan jenis-jenis lebah madu, mulai dari lebah ratu, lebah pekerja dan lebah jantan. Serta proses pengolahan madu dan produk-produk yang dihasilkan lebah, berupa madu dan bee polen.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa belajar tentang proses pengolahan madu, sebelum madu dikemas dan dikonsumsi. Wasis Handoko, salah seorang peternak madu mengatakan, melalui edukasi wisata ternak madu ini, diharapkan bisa memberi pemahaman kepada masyarakat, lebah atau tawon bukan hama yang merugikan.

"Kita ini dalam dunia pelebahan ini kan juga menghadapi kendala-kendala di lapangan, salah satu yang paling utama, kendala yang dihadapi oleh kaum peternak adalah pengetahuan masyarakat tentang nilai guna lebah ini, ke lingkungan, kan banyak fungsi dari lebah ini ke lingkungan, kita ini sering menghadapi kurangnya pengetahuan masyarakat, ketika lebah ini hinggap di tanaman, itu ada anggapan merusak, padahal hewan ini membantu," ujar Wasis Handoko, Peternak Lebah, seperti dilansir dari Liputan6, 8 Desember 2020.

Para pengunjung yang ingin masuk ke lokasi wisata madu, di kawasan Badas Kabupaten Kediri ini, tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, jika pengunjung ingin membeli madu, per botol dijual dengan harga Rp 70.000.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 December 2020, 09:52 WIB

Video Terkait

Spotlights