VIDEO: Tanah Longsor Terjang Nganjuk dan Magetan

VIDEO: Tanah Longsor Terjang Nganjuk dan Magetan

Bencana tanah longsor terjadi di jalur wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu pekan lalu. Akibatnya, jalur menuju wisata lumpuh total, serta 2.000 warga terisolir.

Sementara itu, di Magetan akibat hujan deras, sebuah bukit longsor dan merusak rumah warga. Minggu pagi, petugas gabungan TNI-Polri, BPBD Nganjuk dibantu warga membersihkan material longsor, di jalur utama menuju wisata Air Terjun Sedudo, tepatnya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Longsor terjadi pada Sabtu, pukul 6 sore.

Sebelumnya, di lokasi tanah longsor sempat diguyur hujan deras. Akibatnya, tebing setingi 20 meter longsor menutup jalan raya, sepanjang 10 meter. Sebanyak 2.000 warga lebih di Dusun Ngliman, Kecamatan Sawahan terisolir. Sejumlah warga dari kota menuju wisata Air Terjun Sedudo terpaksa harus putar balik, karena tak ada jalur alternatif.

"Ketinggian tebing yang longsor yaitu sekitar 20 meter, longsor menutup jalan sepanjang 10 meter, dengan ketebalan 1 meter, ini jalan akses utama, jalan raya Nganjuk-Sedudo, di mana jalan utama untuk menuju wisata alam Sedudo," ujar Kapten Arhanud Yono Prio, Danramil Sawahan Nganjuk, seperti dikutip dari Liputan6, 7 Desember 2020.

Bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Tebing setinggi kurang lebih 10 meter, longsor dan menerjang rumah Sulistyono pada Sabtu, 5 Desember 2020 pukul 8 malam. Saat kejadian, anak dan istri Sulistyono berhasil menyelamatkan diri. Longsor terjadi saat wilayah Desa Genilangit hujan deras cukup lama.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, bersama warga dan anggota TNI-Polri bergotong royong membersihkan puing-puing reruntuhan, dan material longsor.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 December 2020, 22:07 WIB

Video Terkait

Spotlights