Sukses

501 Warga Binaan Lapas Sidoarjo Memakai Hak Pilihnya Saat Pilkada Serentak 2020

Sebanyak 501 orang warga binaan memakai hak pilih saat pilkada Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Lapas Klas II A Sidoarjo wajib menerapkan protokol kesehatan antara lain memakai masker, dicek suhu tubuhnya dan diberi sarung tangan plastik sekali pakai saat pelaksanaan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Rabu, (9/12/2020).

Sebanyak 501 orang warga binaan memakai hak pilih saat pilkada Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kalapas Sidoarjo Teguh Pamuji menuturkan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan saat pemungutan suara kali ini.

“Warga binaan wajib memakai masker, dicek suhu tubuhnya, diberi sarung tangan plastik sekali pakai,” ujar dia seperti dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, Kanwil Kemenkumham Jatim memberikan atensi lebih kepada pelaksana pemilihan kepala daerah 2020.

"Pasalnya, beberapa lapas atau rutan juga turut menggelar pemungutan suara. Salah satunya di Lapas IIA Sidoarjo ada sebanyak 501 warga binAn mendapatkan hak suaranya," tutur dia.

Ia mengatakan, kegiatan pemungutan suara sudah dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan ada dua tempat pemungutan suara (TPS) yang didirikan di lapangan (TPS 29) dan ruang kunjungan (TPS 30).

Ia juga mengatakan, di Lapas Sidoarjo awalnya memiliki 731 orang pemilih tetap. Namun, saat hari pencoblosan, jumlahnya berkurang menjadi 501 orang dari jumlah penghuni sebanyak 1.228.

"Hal ini karena warga binaan yang sebelumnya sudah masuk DPT sudah bebas atau mendapatkan PB, CB, asimilasi serta mutasi," kata dia.

Sedangkan bagi warga binaan yang tidak mendapatkan undangan memilih karena tidak semua punya KTP Sidoarjo atau baru saja pindah dari lapas rutan lain.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pj Bupati Sidoarjo Lakukan Sidak Bersama

Sementara itu, sekitar pukul 10.00 WIB, Penjabat Bupati Sidoarjo Hudiyono melakukan sidak bersama Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji. Hudiyono mengapresiasi upaya lapas yang berkomitmen menyelenggarakan pemilihan kepala daerah dengan aman dan tertib.

"Baru dua jam, tapi sudah hampir separuh pemilih yang telah menyalurkan hak suaranya, ini jadi sinyal yang baik," tutur dia.

Pilkada Sidarjo diikuti tiga pasangan calon masing-masing Bambang Haryo Sukartono-Taufiqulbar, Ahmad Muhdlor Ali-SuAli-Subandi, Kelana Aprilianto-Dwi Astutik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.