VIDEO: Seorang Perawat Senior RSUD Dr Soetomo Surabaya Meninggal karena COVID-19

Oleh Agustina Melani pada 09 Des 2020, 22:20 WIB
Diperbarui 09 Des 2020, 22:20 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, satu perawat senior di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya meninggal dunia, setelah terpapar COVID-19. Perawat berusia 58 tahun itu bertugas di Poli Penyakit Dalam. Hingga Senin siang, jumlah perawat Jawa Timur yang meninggal dunia karena COVID-19, berjumlah 42 orang.

Mudjiono, tenaga perawat di Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya, meninggal dunia Senin pagi. Perawat berusia 58 tahun ini, diketahui terpapar COVID-19 pada Minggu. Namun, baru sehari dirawat, perawat yang biasa bertugas di Poli Penyakit Dalam ini menghembuskan napas terakhir.

Selain terpapar COVID-19, Mudjiono juga memiliki riwayat penyakit diabetes. Pelepasan jenazah perawat senior ini, disambut haru oleh rekan sejawatnya di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya. Dengan meninggalnya Mudjiono, jumlah perawat meninggal karena Covid-19 di Jawa Timur mencapai 42 orang, 12 perawat di antaranya berasal dari Surabaya.

"Pada saat dia merasa sakit, diantar oleh anaknya ke Rumah Sakit Dr Soetomo, kemudian dilakukan pemeriksaan, maka Covid-nya positif, sehingga dirawat, maka meninggal tadi pagi jam 6, untuk penyakit penyertanya punya riwayat penyakit diabetes melitus," ujar Misutarno, Ketua PPNI Kota Surabaya.

Di RSUD dr Soedomo Trenggalek, 58 tenaga medis dan karyawan dinyatakan positif terpapar Covid-19. Tenaga medis yang terpapar covid terdiri dari dokter, perawat serta tenaga non medis.

Karena ruang isolasi penuh, manajemen rumah sakit mendirikan ruang isolasi darurat. Kendati banyak tenaga kesehatan dan karyawan yang terpapar COVID-19, pelayanan kesehatan di RSUD dr Soedomo Trenggalek, tetap berjalan normal.

Pelayanan dilakukan oleh tenaga medis yang sudah lolos skrining kesehatan dan dinyatakan negatif COVID-19. Demikian diberitakan pada Liputan6, 8 Desember 2020.

"Teman-teman yang terkonfirmasi ada 58, itu ada dokter, ada paramedis, ada perawat, semua dalam kondisi sehat, kondisi baik, dan Alkhamdulillah dalam pengawasan kami di asramanya rumah sakit, semua kondisi terjaga dengan baik juga, ada yang diisolasi di rumah sakit, ada yang di rumah, tapi dalam pengawasan rumah sakit," ujar Sujiono, Humas RSUD dr Soedomo Trenggalek.

Data per 4 Desember 2020, kasus COVID-19 di Kabupaten Trenggalek mencapai 749 kasus. 578 pasien dinyatakan sembuh, 148 orang menjalani perawatan, dan 25 orang meninggal dunia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.