BMKG Juanda Imbau Warga Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jatim

Oleh Liputan6.com pada 03 Des 2020, 16:03 WIB
Diperbarui 03 Des 2020, 16:03 WIB
ilustrasi hujan deras.
Perbesar
ilustrasi hujan deras. (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Juanda meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir di sebagian wilayah di Jawa Timur. Hal ini seiring tiga hari ke depan sebagai bagian wilayah di Jawa Timur berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

“Masyarakat diminta untuk lebih waspada terkait dengan prediksi itu,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, seperti dikutip dari Antara, Kamis (3/12/2020).

Berdasarkan data yang ada, ia menuturkan, prediksi hujan disertai dengan angin kencang itu terjadi hampir merata sejak pagi hingga malam hari di Jawa Timur.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi dan Sumenep,” ujar dia.

Dia menuturkan, pada siang sampai dengan sore hari diprediksikan terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo, Jawa Timur.

"Dan malam hari di wilayah Bondowoso, Situbondo, Pamekasan, dan Sumenep," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Suhu di Jawa Timur

(Foto: Unsplash)
Perbesar
Ilustrasi hujan (Foto: Unsplash/Max)

Untuk suhu udara di wilayah Jawa Timur rata-rata berkisar antara 14 sampai dengan 33 derajat celcius dan kelembaban udara berkisar antara 65 sampai dengan 100 persen.

"Untuk angin dominan dari Barat Daya - Barat dengan kecepatan 05 - 30 kilometer per jam," ujar dia.

Sementara itu, untuk kondisi gelombang laut dari data yang ada ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,3 - 0,5 meter, di Laut Jawa bagian timur antara 0,5 - 1,75 meter, sedangkan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1,5 - 4,0 meter.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓