VIDEO: Serunya Komunitas Pecinta Mobil Mainan di Kediri

VIDEO: Serunya Komunitas Pecinta Mobil Mainan di Kediri

Mobil mainan tak hanya digemari anak-anak. Orang dewasa juga suka, bahkan mengoleksinya hingga ratusan mobil mainan. Di Kediri, Jawa Timur, para kolektor ini tergabung dalam Komunitas Mobil Mainan Hot wheels.

Kegiatannya, dari sekadar berbagi informasi, memotret hingga bongkar pasang mobil mainannya. Mobil mainan berbahan metal, ternyata tidak hanya digemari anak-anak atau remaja. Di Kediri, Jawa Timur, terdapat komunitas penghobi dan kolektor mobil mainan metal, Hot wheels.

Secara berkala, mereka berkumpul sembari membawa puluhan, hingga ratusan koleksi mobil mainannya. Mereka memarkir koleksinya di area parkir, dan sebagian lagi menata figur di samping mobil mainannya.

Selain berbagi informasi seputar mobil mainan Hot wheels keluaran terbaru, mereka juga membongkar dan memodifikasi mobil mainan, agar mirip dengan mobil aslinya.

Untuk mempopulerkan hobinya, mereka sering memotret mobil mainan, dan diunggah ke media sosialnya. Selain silaturahmi dalam komunitas ini, mereka kerap jual beli koleksi. Harga mobil mainan ini beragam, antara Rp 15.000 hingga jutaan rupiah per mobilnya. Harga mobil ini akan semakin mahal, jika dimodifikasi mirip aslinya.

Koko Haryono, salah satu kolektor, mengaku menyukai mobil mainan sejak kecil. Bahkan, jika ada film box office yang banyak menonjolkan model mobil, dia langsung berburu mobil mainan serupa, serta figur pemeran utamanya.

Penghobi lainnya Erwin Wijaya, mengaku lebih sering berburu mobil mainan yang langka, dan sudah tak diproduksi pabrik.

"Ngumpul-ngumpul biasanya, fotografi, sharing-sharing ilmu buat custom, buat modif, terus kalau enggak begitu jual beli, biasanya gitu yang paling sering," ungkap Koko Haryono, Kolektor Hot wheels, di Kediri seperti dikutip dari Liputan6,30 November 2020.

Komunitas ini biasanya rutin berkumpul setiap bulan. Namun, pada masa pandemi, aktivitas berkumpul ini praktis terhenti, dan baru kali ini bertemu sejak awal pandemi COVID-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 December 2020, 18:19 WIB

Video Terkait

Spotlights